Minggu 01 Januari 2023, 22:20 WIB

Polairud Polda DIY Selamatkan Wisatawan Terseret Arus Pantai Parangtritis

Agus Utantoro | Nusantara
Polairud Polda DIY Selamatkan Wisatawan Terseret Arus Pantai Parangtritis

Medcom
Ilustrasi

 

POLAIRUD Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) didukung petugas SAR dan relawan berhasil menyelamatkan seorang warga Salatiga, Jawa Tengah yang terseret arus ombak Pantai Parangtritis, Minggu (1/1).

Anggota Direktorat Polairud Polda DIY, Bripka Suharto di depan Kapolda DIY Irjen Suwono Nainggolan, Minggu (1/1) menjelaskan, kejadian berawal dari saat korban Fransiswo, 25 tahun, warga Duren Sawit, Salatiga, Jawa Tengah bersama delapan temannya berwisata di Pantai Parangtritis.

Namun, lanjutnya, salah satu diantaranya kemudian berada terlalu ke tengah. Rekan-rekannya pun memanggil agar Kembali menepi, namun Fransisco tidak mendengar. Diduga, korban melewati batas berbahaya sehingga terseret ke palung laut bersamaan dengan datangnya ombak besar.

Jajaran Direktorat Polairud Polda DIY yang piket bersama anggota SAR Linmas dan potensi SAR lainnya yang melihat kejadiannya segera menghambur dan berusaha mencari dan menyelamatkan korban "Bersama anggota SAR Satlinmas langsung melakukan pertolongan. Alhamdulillah korban dapat kita selamatkan," ucapnya.

Korban dengan kondisi lemas langsung dibawa oleh petugas untuk dilakukan  observasi dan perawatan oleh petugas kesehatan. Setelah kondisinya membaik korban diperkenankan untuk kembali ke rombongannya.

Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan menyampaikan rasa bersyukurnya  atas keselamatan korban laka laut yang baru saja terjadi. Ia mengapresiasi kinerja petugas yang mampu menyelamatkan korban.

Kabidhumas Polda DIY Kombes Yuliyanto menambahkan menambahkan, petugas bekerjakeras untuk memberikan himbauan kepada pengunjung wisatawan agar tidak bermain air apalagi berenang di laut. "Petugas yang berada di Pos, selalu siap siaga melakukan pengamanan, bersyukur korban selamat sehingga dapat pulang berkumpul dengan keluarganya," ucapnya.

Sebelumnya jajaran Direktorat Polairud Polda DIY telah memasang bendera merah di perairan pantai selatan.Wisatawan, diharapkan tidak melewati bendera merah, sebab lebih ke tengah dari bendera, kemungkinan akan masuk palung laut. (OL-15)
 

Baca Juga

Ist

Jaga 581 Anak Stunting, Kapolres Grobogan Inisiasi Gerakan Orang Tua Asuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 13:14 WIB
Gerakan Orang Tua Asuh dilakukan oleh Polres Grobogan, Jawa Tengah dengan dipimpin langsung oleh Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung...
MI/Dwi Apriani

Pusri Palembang Pastikan Kecukupan Stok Pupuk Subsidi

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:30 WIB
PT Pusri memastikan pupuk subsidi baik urea maupun NPK tersedia melebihi dari alokasi atau kuota yang ditentukan...
Ist/BPJS Ketenagakerjaan

Dukung Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Kabupaten Sijunjung Raih Penghargaan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:14 WIB
Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumbar, mendaftarkan pekerja rentan dan non-ASN di wilayahnya ke dalam perlindungan jaminan sosial...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya