Minggu 01 Januari 2023, 11:08 WIB

Pesta Kembang Api Malam Pergantian Tahun di Tanah Bumbu

Denny Susanto | Nusantara
Pesta Kembang Api Malam Pergantian Tahun di Tanah Bumbu

MI/Denny Susanto
Pesta kembang api yang spektakuler menandai malam pergantian tahun di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

 

SEMARAK pijar dan konfigurasi kembang api yang spektakuler menandai malam pergantian tahun di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Puluhan ribu warga yang datang dari berbagai penjuru daerah di Provinsi Kalimantan Selatan ikut larut dalam perayaan yang juga dihibur sejumlah artis ibukota ini.

Perayaan tahun baru di kabupaten pesisir Kalsel ini cukup spesial. Sejak sore hari warga dari berbagai penjuru daerah berduyun-duyun datang ke lokasi acara yang diselenggarakan di Jhonlin Pantai Festival. Sebuah kawasan serbaguna seluas 12,5 hektare yang dibangun perusahaan Jhonlin Grup.

baca juga: Saga Gelar Konser Rakyat Goyang Purwokerto

Selain ingin menyaksikan secara langsung penampilan artis ibukota idola, mereka juga ingin menyaksikan pesta kembang api yang disebut terbesar di kawasan timur Indonesia. Bahkan pesta kembang api pada perayaan malam tahun baru 2023 di arena Batulicin Festival (Batfest), Kabupaten Tanah Bumbu ini berhasil mencatatkan rekor MURI untuk bentang pijar terpanjang di Indonesia sepanjang 800 meter.

Senior Customer Relation Manager MURI, Triyono, Minggu (1/1), mengatakan pesta kembang api pada perayaan malam tahun baru 2023 di Banjarmasin Festival telah dicatat sebagai rekor MURI. "Bentang pijarnya yang mencapai 800 meter dicatatkan sebagai rekor MURI," tutur Triyono.

Untuk pemecahan rekor MURI ini, panitia Batfest 2022 menggandeng Nolimits Fireworks yang memegang rekor bentang pijar kembang api 700 meter pada malam Tahun Baru 2022 di Papua.

Menggerakkan roda perekonomian daerah

Batulicin Festival yang berlangsung 27-31 Desember 2022 di kawasan pantai buatan ini mampu menyedot ratusan ribu pengunjung, tidak hanya warga Tanah Bumbu tetapi daerah lain di Kalsel.

"Tidak hanya hiburan bagi masyarakat, perekonomian juga ikut bergerak. Hal ini terlihat dari omset penjualan produk ratusan UMKM selama penyelenggaraan kegiatan yang mencapai miliaran rupiah," ungkap Roni, Koordinator Batfest 2022. Termasuk meningkatnya hunian hotel, penginapan dan wisata daerah.

Batfest 2022 dibuka langsung, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor. Dalam sambutannya Sahbirin berharap even ini mampu mendongkrak ekonomi masyarakat dan kemajuan UMKM di daerah.

Batfest 2022  yang disebut sebagai festival terbesar di wilayah timur Indonesia. Megah dan meriahnya perayaan pergantian malam tahun baru 2023 juga bertepatan dengan perayaan ulang tahun owner Jhonlin Grup. (N-1)

 

Baca Juga

MI/Heri S

Upaya Penyelundupan 87 Calon PMI Ilegal ke Arab Saudi Digagalkan

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 20:45 WIB
Ke-87 PMI itu berasal dari NTT, Jember, dan Jawa Tengah. Mereka akan berangkat dari Terminal 2 Bandara Internasional Juanda di Kabupaten...
DOK.MI

Waspada Dampak Hujan dan Angin Kencang di Bali hingga 30 Januari

👤Ruta Suryana 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 20:05 WIB
Dampak yang berpotensi terjadi akibat cuaca ekstrem antara lain banjir, tanah longsor, pohon tumbang, angin kencang,...
DOK.MI

Berlayar tanpa ABK, Nakhoda KM Dimas Hilang Kontak di Perairan Lebak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 18:43 WIB
Makmur pada Senin (23/1) pukul 09.00 WIB berangkat melaut untuk mencari ikan di perairan Binuangen tanpa anak buah kapal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya