Kamis 29 Desember 2022, 17:20 WIB

Diah Pitaloka: Tuduhan Korupsi Dana Bencana Cianjur tanpa Bukti Rawan Dipolitisasi

Mediaindonesia.com | Nusantara
Diah Pitaloka: Tuduhan Korupsi Dana Bencana Cianjur tanpa Bukti Rawan Dipolitisasi

MI/Susanto
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka

 

WAKIL Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka meminta tudingan korupsi kepada Bupati Cianjur, Herman Suherman dilandasi dengan bukti yang kuat. 

Menurutnya, jangan sampai tuduhan tersebut menyebabkan pendistribusian bantuan dan recovery bencana gema Cianjur menjadi terhambat.

"Tuduhan kepada Bupati Cianjur atas penyelewengan bantuan bencana apabila tanpa adanya bukti itu bisa menjadi politis. Jika tidak dihentikan akan membuat recovery yang dilakukan Pemda Cianjur jadi lambat,” kata Diah lewat pernyataan yang diterima, Kamis (29/12).

Politikus PDI Perjuangan itu meminta kepada masyarakat untuk fokus dalam membantu korban bencana gempa Cianjur. Sebab masih ada masyarakat yang tinggal di tenda, akibat rumahnya rusak dan membututuhkan bantuan.

“Apabila tuduhan itu tidak berdasar dan dapat menjadi isu politik di tengah proses penanganan bencana. Masyarakat ingin kehidupan kembali berjalan normal. Untuk itu saya meminta semua pihak fokus membantu masyarakat korban bencana untuk segera memperoleh tempat tinggal, bekerja dan bersekolah,” terangnya.

Diah mengungkapkan, ada tiga jalur pendistribusian bantuan bencana alam. Pertama, diserahkan pemerintah pusat dikordinasikan oleh BNPB. Kedua, melalui pemerintah daerah, kemudia distribusi bantuan dilakukan oleh masyarakat langsung kepada korban.

“ Kalau yang melalui pemda, itu diperiksa inspektorat daerah setiap minggunya. Bisa dicek, untuk saya agak aneh mendengar Bupati menjual selimut ke pasar rasanya tidak mungkin," pungkasnya. 

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut tuntas dugaan penyelewengan bantuan bagi korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. 

Ia meminta KPK mengusut dugaan penyelewengan dana gempa Cianjur tersebut secara objektif, bebas intervensi, dan transparan. (Ant/OL-8)

 

Baca Juga

DOK.MI

Waspada Dampak Hujan dan Angin Kencang di Bali hingga 30 Januari

👤Ruta Suryana 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 20:05 WIB
Dampak yang berpotensi terjadi akibat cuaca ekstrem antara lain banjir, tanah longsor, pohon tumbang, angin kencang,...
DOK.MI

Berlayar tanpa ABK, Nakhoda KM Dimas Hilang Kontak di Perairan Lebak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 18:43 WIB
Makmur pada Senin (23/1) pukul 09.00 WIB berangkat melaut untuk mencari ikan di perairan Binuangen tanpa anak buah kapal...
MI/Haryanto

Selamatkan Lahan Kritis, Ganjar Tanam 1.500 Pohon di Area Rawan Longsor-Banjir Bandang

👤Haryanto 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 17:35 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melakukan penanaman pohon di lahan kritis yang berada di Desa Nyemoh, Kecamatan Bringin, Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya