Kamis 29 Desember 2022, 16:26 WIB

Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Rumah di Kota Semarang

Akhmad Safuan | Nusantara
Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Rumah di Kota Semarang

DOK MI.
Ilustrasi.

 

DIHANTAM gelombang tinggi, puluhan rumah warga Kelurahan Tambaklorok, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah, mengalami kerusakan berat dan ringan. Puluhan rumah warga di pesisir pantai Kelurahan Tambaklorok, Kota Semarang, tampak porak-poranda, Kamis (29/12). Selain atap rusak, sebagian tembok rumah roboh akibat diterjang gelombang laut.

Ratusan warga hingga siang terlihat bergotong-royong melakukan pembersihan puing bangunan yang roboh. Kerusakan paling parah terjadi pada rumah-rumah berjarak sekitar 2-5 meter dari bibir pantai.

"Gelombang laut datang cukup tinggi hingga di atas atap rumah. Kami takut hingga terpaksa mengungsi," ujar Siti, 45, warga Tambaklorok, Kota Semarang. 

Ketua RT 015 Tambaklorok, Slamet, mengatakan berdasarkan pendataan sebanyak 40 rumah warga mengalami kerusakan akibat dihantam gelombang. Selain itu, ada sembilan perahu nelayan yang rusak.

Pada hari sebelumnya, baru 27 rumah yang rusak akibat diterjang gelombang setinggi empat meter. Namun pada hantaman gelombang semalam 40 rumah rusak. "Kami bergotong-royong untuk melakukan pembersihan puing bangunan," imbuhnya.

Sebelumnya, Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan pihaknya sedang mengupayakan pemberian bantuan kepada warga Tambaklorok yang mengalami kerusakan akibat hantaman gelombang tinggi tersebut. "Saya sudah melihat sendiri kondisi di sana. Saya juga sudah memerintahkan untuk mendata termasuk bantuan perahu yang rusak dengan perahu baru," ujar Heaverita Gunaryanti Rahayu. (OL-14)

Baca Juga

DOK. 123RF

Gempa Bermagnitudo 5,4 terjadi di Jayapura

👤Terry Leisubun 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:48 WIB
Aparat gabungan TNI/Polri dan instansi lainnya saat ini sedang membantu korban yang tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa...
ANTARA FOTO/Eric Ireng

Polisi Temukan 19.548 Liter Minyakita di Gudang Weleri Kendal

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:47 WIB
"Jumlah minyak goreng bersubsidi Minyakita tersimpan di gudang itu mencapai 19.548 liter atau 17,5 ton, sehingga terjadi kelangkaan di...
mediaindonesia.com/freepik

Jumlah Anak Pengidap Diabetes di Kota Semarang Naik 40 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:40 WIB
"Dibandingkan tahun 2021, jumlah anak mengidap diabetes pada tahun 2022 meningkat cukup besar, sehingga perlu penanganan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya