Selasa 27 Desember 2022, 21:09 WIB

Kawasan Malioboro Dibuka 24 Jam Saat Akhir Tahun

Ardi Teristi | Nusantara
Kawasan Malioboro Dibuka 24 Jam Saat Akhir Tahun

ANTARA
Malioboro

 

LALU LINTAS di kawasan Malioboro, Yogyakarta, akan dibuka selama 24 jam saat perayaan tahun baru, 31 Desember 2022. Polresta Yogyakarta telah menyiapkan langkah antisipatif jika terjadi kepadatan lalu lintas.
  
Kapolresta Yogyakarta, Kombes Idham Mahdi menyampaikan, pihaknya siap melakukan pengamanan Tahun baru 2023 untuk menciptakan situasi kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2023. "Pada Sabtu tanggal 31 Desember 2022 (malam tahun baru), arus lalu lintas Jalan Malioboro dibuka 24 jam," katanya dalam konferensi pers di Mapolresta Yogyakarta, Selasa (27/12).

Ia menjelaskan, Polresta Yogyakarta melaksanaan operasi terpusat dengan sandi Lilin Progo 2022. Pelaksanaan operasi tersebut dimulai 23 Desember 2022 pukul 00.00 WIB sampai dengan 2 Januari 2023. "Personel yang dilibatkan sekira 352 personel," lanjut dia.

Pihaknya juga telah menyiapkan tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan, yaitu Pospam Tugu, Pospam Teteg, Pospam Titik Nol, serta Posyan Bonbin Gembiraloka.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho menyampaikan, wisatawan di Kota Yogyakarta saat libur Nataru diperkirakan sebanyak 3,6 juta wisatawan. 70 persen diantaranya diperkirakan akan mengendarai kendaraan pribadi.

Dikatakan, wilayah yang patut diwaspadai oleh pengendara kendaraan bermotor karena kepadatan lalu lintasnya adalah Area Tugu Pal Putih, Malioboro, hingga wilayah Keraton Yogyakarta. Pihaknya juga telah mengantisipasi lonjakan pengunjung kawasan tersebut  pada malam pergantian tahun. 

"Tempat parkir Abu Bakar Ali, Ngabean, hingga Senopati akan difokuskan untuk parkir kendaraan pribadi. Pengunjung kawasan Malioboro hingga Tugu Pal Putih diharapkan berjalan kaki deri tempat parkir mereka," jelasnya.

Ia mengatakan rekayasa lalu lintas yang akan di kawasan Malioboro adalah melakukan buka-tutup ruas jalan. Misalnya, jika suatu ruas jalan terjadi peningkatan kepadatan lalu lintas, pihaknya akan mengurangi arus lalu lintas yang masuk ke ruas jalan tersebut dengan mengalihkan arus ke jalan yang tidak terlalu padat. "Begitu volume kendaraan berkurang, maka arus akan kembali dibuka," lanjut dia.

Agus juga menyampaikan, daerah Tugu hingga Keraton Yogyakarta tidak diizinkan digelar kegiatan perayaan tahun baru, seperti konser musik ataupun pertunjukan seni. Pesta perayaan tahun baru banyak dilakukan di luar wilayah tersebut yang diharapkan mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di area Tugu hingga Keraton Yogyakarta. (OL-15)
 

Baca Juga

dok.Pemkot Tegal

Pelabuhan Perikanan Tegalsari Kota Tegal Kapan Dibangun? ini kata Jumadi

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:35 WIB
WAKIL Wali Kota Tegal, M. Jumadi sebut bila tidak ada rintangan, September-Desember 2023 sudah ada kepastian pendanaan pembangunan...
ANTARAFOTO/ Basri Marzuki

Sepuluh Penerbangan dari Sam Ratulangi Ditunda

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:38 WIB
Hujan disertai angin kencang yang menerjang sejumlah wilayah di Kota Manado dan sekitarnya berdampak terhadap penerbangan di Bandara...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Rob Landa Kawasan Pesisir Kabupaten Tanah Laut

👤Denny Susanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:06 WIB
Sejak beberapa pekan terakhir cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya