Selasa 27 Desember 2022, 16:15 WIB

Di Depan Wapres, Ganjar Pamerkan Komitmen Jateng Fasilitasi UMKM

Haryanto | Nusantara
Di Depan Wapres, Ganjar Pamerkan Komitmen Jateng Fasilitasi UMKM

MI/Haryanto
DI hadapan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Gubernur Ganjar Pranowo memamerkan komitmen Provinsi Jateng dalam memfasilitasi pelaku UMKM

 

DI hadapan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memamerkan komitmen Provinsi Jateng dalam memfasilitasi pelaku UMKM. Di antaranya lewat kehadiran Pusat Layanan Usaha Terpadu  (PLUT) KUMKM dan Hetero Space.

Ganjar mengatakan, sampai saat ini Provinsi Jateng sudah memiliki 11 PLUT KUMKM. Yakni di Kabupaten Semarang, Purworejo, Banyumas, Kebumen, Cilacap, Purbalingga, Solo, Sukoharjo, Kendal, Magelang, dan Pekalongan.

"Jadi Pak Wapres, saya melaporkan sampai sekarang kita punya 11 PLUT dan itu artinya menjadi titik-titik yang nanti kawan-kawan usaha kecil mikro akan bisa belajar sangat banyak," kata Ganjar saat mendampingi Wapres meresmikan PLUT KUMKM Kabupaten Semarang, Jalan Fatmawati No. 161 Semarang, Jateng, Selasa (27/12/2022).

Lebih lanjut, Ganjar menyebut komitmen memfasilitasi UMKM juga diwujudkan melalui kehadiran Hetero Space. Hetero Space adalah co-working space untuk berbagai pelaku industri kreatif dan UMKM dalam mengembangkan dan meningkatkan usahanya.

Sampai saat ini, Jateng memiliki tiga Hetero Space yang tersebar di sejumlah wilayah. Di antaranya Semarang, Solo, dan Banyumas.

"Kita membuat semacam Co-working space yang ada di Jawa Tengah sehingga usaha kecil, startup, mikro, semua bisa belajar," kata Ganjar.

Melalui dua tempat tersebut, Ganjar mengatakan bahwa Pemprov Jateng memfasilitasi para pelaku UMKM untuk belajar, berkembang, dan berkolaborasi bersama. Tak hanya itu, Ganjar menyebut pihaknya juga mendampingi para UMKM lewat berbagai pelatihan.

"Biasanya dia (pelaku UMKM) punya tiga persoalan, satu product knowlage-nya, dua akses permodalannya, dan yang ketiga kalau sudah jalan siapa yang akan mendampingi?" kata Ganjar.

"Nah pendamping inilah yang kemudian akan bisa mengakses satu per satu persoalannya sehingga kalau kita ingin membuat usaha kecil mikro untuk naik kelas, PLUT, co-working space yang dimiliki, itu sebenarnya akan meningkatkan usaha kecil dan mikro yang ada," sambungnya.

Di hadapan Wapres, Ganjar mengungkapkan ada 4,2 juta unit sektor usaha di Jateng. Usaha mikro menjadi porsi yang paling besar dengan 3,37 juta unit atau 90,48 persen dari total unit.

Sementara, lanjut Ganjar, usaha kecil di Jateng ada 354.884 atau sekitar 8,5 persen dan usaha menangah ada 39.125 atau sekitar 0,94 persen.

"Jadi kalau kita lihat dari jumlah itu yang mikro ini banyak sekali. Maka kalau kemudian kita bisa memfasilitasi mereka lebih banyak, rasa-rasanya, sadar atau tidak sadar, kita sedang menciptakan enterprenuer baru untuk usaha kecil dan mikro," kata Ganjar.

Dengan adanya PLUT KUMKM dan Hetero Space di Jateng, Ganjar berharap para pelaku usaha kecil, mikro, serta startup bisa terus berkolaborasi dan berinovasi agar naik kelas. Ganjar mengatakan, kedua tempat ini bisa menjawab tantangan perekonomian di masa depan.

"Pak Wapres mohon kiranya untuk bisa mendapatkan arahan karena di tengah ekonomi yang banyak diramalkan orang sulit, sebenarnya ini tantangan yang bisa kita ubah menjadi peluang dengan menggerakan lebih banyak usaha kecil dan mikro yang ada," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga memamerkan kehadiran Pusat Penelitian Rempah di Kabupaten Semarang. Ganjar mengatakan, laboratorium itu akan bisa membangkitkan kejayaan rempah di mata dunia.

"Mudah-mudahan dari sekian rempah-rempah yang kita miliki, jalur rempah yang pernah membikin Indonesia ini jaya, bisa kita bangkitkan kembali dan tugas kami memfasilitasi," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Polres Berau Ungkap Dugaan Korupsi eks Kepala Kampung hampir Rp1 miliar

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rahmad

Belitung Targetkan Ekspor 100 Ton Ikan Kerapu ke Hong Kong

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:55 WIB
"Target kita masih tetap 100-120 ton tahun ini. Kerapu hidup tujuan negara ekspor juga masih sama yakni Hong...
Dok. Pribadi

Uskup Baru Jayapura Serukan Hentikan Kekerasan di Tanah Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:33 WIB
Paus Fransiskus mengangkat Uskup Yan sebagai Uskup Jayapura menggantikan Uskup Leo Laba Ladjar sekaligus menempatkan Uskup Yanuarius...
DOK MI

Kapolres Tegaskan Berita Penculikan Balita Dan Siswa Di Jember Hoaks

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:06 WIB
KAPOLRES Jember AKB Hery Purnomo menegaskan tidak ada kasus penculikan anak-anak balita dan siswa seperti yang ramai di sejumlah media...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya