Kamis 08 Desember 2022, 18:33 WIB

Jelang Libur Nataru, Kota Pekalongan Siaga Lonjakan Covid-19

Akhmad Safuan | Nusantara
Jelang Libur Nataru, Kota Pekalongan Siaga Lonjakan Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

MESKIPUN tidak besar dan tidak ada lonjakan kasus covid-19 di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, namun menghadapi liburan Natal dan tahun baru (Nataru) sejumlah rumah sakit bersiaga.

Pemantauan Media Indonesia Kamis (9/12) sejumlah rumah sakit di Kota Pekalongan, Jawa Tengah kembali siaga menghadapi terjadinya peningkatan kasus covid-19 saat liburan Nataru mendatang dengan menyiapkan puluhan ruang isolasi dan perawatan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, hingga kini kasus covid-19 di daerah di pantura ini masih terkendali dan belum ada lonjakan kasus yang besar. "Jumlah pasien covid-19 saat ini hanya 21 orang, ada penambahan enam orang baik dirawat di rumah sakit maupun isolasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto.

Namun meskipun tidak ada lonjakan kasus covid-19, demikian Slamet Budiyanto, Pemerintah Kota Pekalongan melakukan berbagai langkah antisipasi dengan mempercepat vaksinasi booster dan perketat protokol kesehatan, termasuk menyiapkan sejumlah ruang di beberapa rumah sakit untuk perawatan pasien terkonfirmasi korona.

Direktur RSUD Bendan Kota Pekalongan Junaedi Wibawa mengatakan sebagai rumah sakit rujukan covid-19, telah menyiapkan langkah antisipasi terjadi kelonjakan kasus saat liburan dan perayaan libur Nataru mendatang. "Kita telah siapkan Ruang Buketan dengan enam tempat tidur sebagai ruang khusus penanganan pasien covid-19," ujar Junaedi Wibawa.

Selain ruang tersebut, lanjut Junaedi Wibawa, juga disiapkan cadangan ruang lain berkapasitas 25 tempat tidur sehingga saat terjadi lonjakan atau 31 tempat tidur yang siap merawat pasien covid-19. "Seluruh tenaga medis dan obat-obatan juga siap," tambahnya. (OL-15) 

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Demak Diterjang Angin Ribut

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 10:30 WIB
"Kami kaget, di tengah hujan mengguyur kawasan ini, tiba-tiba angin ribut terjadi hingga beberapa menit menerjang desa kami, genteng...
Dok. Lapas Tanjungpandang

Berdayakan Warga Binaan, Bengkel Kerja Lapas Tanjungpandan Terdaftar Jadi Lembaga Pelatihan Kerja

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 10:15 WIB
Kegiatan tersebut berupa pembinaan kemandirian dan pelatihan yang tujuannnya untuk mengetahui bakat dan keahlian yang miliki oleh para...
MI/HO-MPN

Perayaan HPN 2023 di Solo Dipusatkan di Monumen Pers Nasional

👤Widjajadi 🕔Rabu 01 Februari 2023, 10:00 WIB
MONUMEN Pers Nasional (MPN) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta menggelar sejumlah kegiatan untuk memperingati Hari Pers...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya