Kamis 08 Desember 2022, 17:28 WIB

Presiden: TNI-Polri Harus Bantu Bersihkan Puing Akibat Gempa Cianjur

Andhika Prasetyo | Nusantara
Presiden: TNI-Polri Harus Bantu Bersihkan Puing Akibat Gempa Cianjur

ANTARA
Warga melihat bangunan rumah yang hancur akibat gempa di Desa Cibeureum, Kabupaten Cianjur, Jabar.

 

PRESIDEN Joko Widodo memerintahkan TNI dan Polri untuk membantu membersihkan puing-puing rumah warga yang rusak akibat gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Arahan tersebut disampaikan langsung kepada Pangdam III/Siliwangi Kunto Arief Wibowo dan Kapolda Jawa Barat Suntana saat mengunjungi Posko Gempa Cianjur Desa Cibulakan, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12).

Baca juga: Presiden: Pembangunan Sekolah Harus Selesai Tiga Bulan

"Saya minta TNI, Polri mulai digerakkan untuk membersihkan kawasan ini. Di lapangan juga harus mulai menggerakkan masyarakat untuk membantu membersihkan. Jadi nanti seminggu lagi diharapkan sudah mulai bersih dan sudah mulai ada kegiatan membangun rumah," ujar Jokowi.

Sebelumnya, saat memberikan bantuan stimulan untuk perbaikan rumah warga terdampak gempa, Kepala Negara juga mendorong warga untuk segera memulai proses rekonstruksi rumah yang rusak. Masyarakat, sambungnya, bisa memulai dengan membersihkan puing-puing rumah dan proses itu bisa dibantu TNI-Polri jika dibutuhkan.

"Kita bersama-sama segera membersihkan rumah kita masing-masing, memulai, dan nanti akan dibantu oleh TNI dan Polri, dibantu pembersihannya, dibantu pembangunannya. Kalau memang diperlukan TNI dan Polri siap," katanya.  (OL-6)

Baca Juga

MGN

Viral Penutupan Patung Bunda Maria di Kulon Progo, dihadiri 5 Anggota Polsek

👤Ahmad Mustaqim 🕔Kamis 23 Maret 2023, 23:36 WIB
Sebuah patung Bunda Maria di Dusun Degolan, Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)...
MGN/Yuki Pramudya.

Warga Lereng Gunung Sumbing Dukung Anies Baswedan sebagai Presiden

👤Yuki Pramudya 🕔Kamis 23 Maret 2023, 22:27 WIB
Di Desa Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Kamis (23/3) sore, ratusan warga mendeklarasikan diri bergabung dengan Jaringan...
MI/Rendy Ferdiansyah

Belasan Titik Panas Terpantau Satelit Di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 23 Maret 2023, 22:27 WIB
BELASAN titik panas yang diduga adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit berada di Provinsi Bangka Belitung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya