Rabu 30 November 2022, 17:21 WIB

Pemprov Jabar Cari Relawan Bersihkan Puing Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
Pemprov Jabar Cari Relawan Bersihkan Puing Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur

MI/Benny Bastiandy
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (kanan) meninjau lokasi terdampak gempa di Desa Cijedil Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (30/11).

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat sedang mencari relawan untuk membantu membersihkan puing-puing rumah warga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang kondisinya rusak akibat gempa. Langkah itu dilakukan untuk mempercepat penanganan pascabencana, terutama berkaitan dengan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengaku sudah berkoordinasi dengan BPBD dan Jabar Quick Respons mencari relawan-relawan tersebut. Bantuan para relawan itu juga dilakukan karena didasari pertimbangan lantaran warga terdampak gempa masih mengalami trauma.

"Kami meminta kepada JQR (Jabar Quick Respons) dan BPBD Jabar untuk mencari relawan atau tenaga yang dibutuhkan untuk mengerjakan atau membersihkan puing-puing itu," kata Uu saat kunjungannya di Kabupaten Cianjur, Rabu (30/11).

Salah satu potensi relawan yang akan diperbantukan yaitu dari kalangan santri. Uu mengaku sudah meminta bantuan para kyai agar bisa mengerahkan para santri.

"Insya Allah, untuk makannya JQR siap, BPBD juga siap. Tapi kami tidak akan memberikan uang saku bagi yang datang ke sini, karena yang dibutuhkan adalah relawan," ungkapnya.

Upaya lain memulihkan psikis warga terdampak gempa, jelas Uu, dilakukan dengan mendorong masyarakat bisa segera beraktivitas seperti biasa. Pada tahap pemulihan psikis itu, JQR sudah siap membantunya.

"Jangan terus termenung diam di tenda. Tukang dagang pisang, tadi saya sudah minta kembali berjualan. Yang biasa berdagang di pasar, silakan berjualan. Yang ke sawah, ke kebun. Semuanya harus memulai aktivitas," ungkapnya.

Bagi Uu, mendorong masyarakat kembali beraktivitas diharapkan bisa secara lambat-laun memulihkan kondisi psikis. Apalagi banyak berdiam di tenda pengungsian dan melihat kondisi rumah mereka yang rusak. 

Uu mengatakan kedatangannya ke Kabupaten Cianjur pascabencana merupakan kali ketiga. Ia diperintahkan Gubenur Jabar untuk memantau terus perkembangan penanganan pascagempa.

"Kegiatan (penanganan) sudah dilaksanakan semaksimal mungkin melalui tanggap darurat. Pascabencana, hal penting yang perlu dilakukan yaitu memulihkan psikis masyarakat. Jangan sampai masyarakat berlarut-larut mengalami trauma," pungkasnya. (OL-15)
 

Baca Juga

dok.humas PPP

Mardiono Hadiri Harlah ke-50 PPP di Gresik Konsolidasi Pemilu 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 19:22 WIB
MASIH dalam suasana memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono terus...
dok.Ist

Sokong Revitalisasi Masjid dan Asrama Ponpes As-Siraj di Kebumen, SDG Bantu Material

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 19:20 WIB
RELAWAN Santri Dukung Ganjar (SDG) Jawa Tengah memberikan bantuan material dan kasur untuk Pondok Pesantren As-Siraj di Desa Purwosari,...
ANTARA

Pelabuhan Tanjung Api Api Dihentikan Sementara Akibat Cuaca Buruk

👤Dwi Apriani 🕔Senin 30 Januari 2023, 18:55 WIB
AKIBAT cuaca buruk, aktivitas pelayaran di Pelabuhan Tanjung Api Api di Banyuasin, Sumsel dihentikan sementara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya