Minggu 27 November 2022, 19:42 WIB

PMI Suplai 136 Ribu Liter Air untuk 6 Ribu Pengungsi Gempa Cianjur

Lina Herlina | Nusantara
PMI Suplai 136 Ribu Liter Air untuk 6 Ribu Pengungsi Gempa Cianjur

Antara
Warga terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat, membawa pasokan air bersih.

 

PALANG Merah Indonesia (PMI) terus berupaya menyediakan air bersih bagi korban pascabencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Mengingat, kondisi infrastruktur air bersih di wilayah tersebut masih rusak.

Tim Wash (water, sanitation and higiene) milik PMI pun membangun instalasi penjernihan air darurat di sejumlah lokasi pengungsian korban bencana.

Menurut Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, Tim Wash bertugas memasok air bersih untuk pengungsi. "Pascabencana, air bersih menjadi menjadi sesuatu yang langka. Itu akibat rusaknya infratruktur air bersih maupun sumber air bersih itu sendiri," jelasnya.

Baca juga: Distribusi Logistik Gempa Cianjur

Adapun tim Wash sudah ada di Cianjur sejak 21 November lalu. PMI mengerahkan setidaknya 11 unit truk tangki masing-masing berkapasitas 500 liter, untuk menjangkau 16 titik pengungsian.

PMI juga mendistribusikan toren penampungan air ke titik pengungsian tersebut. Hingga hari ke tujuh pascabencana gempa Cianjur, PMI telah mendistribusikan 135 ribu liter air kepada 6 ribu pengungsi.

Baca juga: Polri Gunakan Motor Trail untuk Salurkan Bantuan Gempa Cianjur

Untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi pengungsi, JK, sapaan akrabnya juga meminta jajarannya untuk melipatgandakan pasokan air. Jumlah armada truk tangki akan ditambah menjadi 30 unit.

Tim wash juga segera membangun instalasi penjernihan air darurat. Khususnya, daerah yang tidak mudah diakses truk tangki. Dengan ditambahnya armada truk tangki dan pembangunan instalasi penjernihan air, lebih banyak pengungsi dapat terlayani. 

"Air bersih menjadi sangat vital. Apalagi di tempat pengungsian terdapat banyak anak bayi, yang sangat membutuhkan adanya air bersih," tutur JK.(OL-11)

Baca Juga

Dok. handout Istagram @raga.alfath

Cerita Raga Alfath Besarkan Bisnis Digital Aset.id, dari Malang Kini Ekspansi ke Ibu Kota Jakarta 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:42 WIB
Raga membangun digital platform yang diberi nama Aset.id sejak akhir 2020. Meski baru berjalan selama dua tahun lamanya, Raga sebenarnya...
dok.ant

Di Sulawesi Tenggara hanya Minyakita yang Langka

👤Rahmat Rullah 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:37 WIB
KEPALA Perum Bulog, Sulawesi Tenggara (Sultra), Siti Mardati Saing menjelaskan, khusus minyak goreng, merek Minyakita yang disubsidi...
Dok. KSP

Padi Reborn dan D'Masiv Sukes Hibur Pecinta Musik Cilegon di BNI The Royale Music Fest 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:32 WIB
Konser musik yang dihadiri oleh sekitar 2 ribu penonton yang mayoritas sobat padi serta massiver tersebut, bak membius para penikmat musik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya