Kamis 24 November 2022, 22:32 WIB

Gubernur NTT Wajibkan Seluruh Bupati Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Palce Amalo | Nusantara
Gubernur NTT Wajibkan Seluruh Bupati Tingkatkan Produktivitas Pertanian

ANTARA
Panen jagung.

 

SELURUH kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga mengantisipasi krisis pangan tahun depan.

Hal itu diungkapkan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat melakukan kunjungan kerja di Timor Tengah Selatan. "Saya minta seluruh bupati hingga kepala desa di seluruh NTT mengalihkan anggaran daerah, dan dana desa kepada peningkatan produktivitas pertanian," ujarnya. 

Lebih jauh, Viktor meminta seluruh pemerintah kabupaten di NTT meningkatkan area pertanian khususnya untuk tanaman jagung. Untuk pertanian jagung, pemerintah juga sudah menyiapkan pengusaha yang akan membeli seluruh hasil panen petani, sedangkan pengolahan lahan, benih dan sarana produksi didanai oleh Bank Pembangunan Daerah NTT.

Selain menjalankan instruksi Presiden Jokowi untuk mengantisipasi krisis pangan, penanaman jagung secara besar-besaran tersebut bagian dari Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir. Selain jagung, masyarakat juga menanam tanaman lainnya untuk persediaan pangan. 

Di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Viktor menemukan total lahan yang disiapkan untuk ditanami jagung hanya 2.000 hektare. Gubernur kemudian memerintahkan Bupati Timor Tengah Selatan Egusem Pieter Tahun menambah lagi lahan penanaman jagung. "Tambah lagi sampai 5.000 hektare, atau bahkan sampai 10.000 hektare," kata Laiskodat.

Dia menyebutkan kabupaten di tengah Pulau Timor itu paling luas dibandingkan kabupaten lainnya. Selain itu, tercatat sebagai kabupaten penyumbang anak stunting terbanyak di NTT. (OL-15)

Baca Juga

Medcom

Sejumlah Daerah Di Pantura Jateng Terendam Banjir

👤Akhmad Safuan 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:20 WIB
BENCANA banjir masih merendam sejumlah daerah di pantura Jawa Tengah dengan ketinggian 0,5 meter-1,5...
DOK MI

Bencana Hidrometeorologi Masih Ancam Sumsel

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:13 WIB
BERBAGAI bencana hidrometeorologi sangat rawan terjadi di Sumatera Selatan...
DOK MI

Warga NTT Diminta Tenang dan Tidak Terpancing Isu Gempa Dan Tsunami

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:08 WIB
Masyarakat NTT diminta tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu gempa dan tsunami yang beredar beberapa hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya