Kamis 24 November 2022, 19:01 WIB

KKP Salurkan Bantuan Ikan hingga Sembako untuk Korban Gempa Cianjur

Insi Nantika Jelita | Nusantara
KKP Salurkan Bantuan Ikan hingga Sembako untuk Korban Gempa Cianjur

Antara
Sejumlah relawan mencari korban yang masih tertimbun akibat gempa bumi Cianjur

 

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan bantuan ikan beku, obat-obatan hingga memberikan sembako untuk para korban gempa bumi magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11).

Penyerahan bantuan secara simbolis kepada korban gempa dilakukan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Posko Pengungsian Desa Ciherang, Kecamatan Pacet. Ada 1.200 pengungsi di tempat ini yang tersebar di beberapa titik pengungsian.

"Kami menyerahkan bantuan tiga ton ikan sebagai penambah gizi, beras, mi instan, perlengkapan bayi hingga obat-obatan," kata Trenggono dalam keterangannya, Kamis (24/11).

Bantuan yang serahkan KKP nilainya mencapai Rp734,6 juta. Jumlah tersebut masih akan terus dikatakan bertambah karena sampai saat ini KKP terus melakukan penggalangan bantuan di kalangan internal pegawai.

Selain menyerahkan bantuan, KKP turut mendirikan posko KKP Peduli di area Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan DKP Pemprov Jabar.

Di sini, tim KKP juga melakukan trauma healing atau pemulihan emosi korba kepada anak-anak pengungsi serta menyiapkan layanan pemijatan.

"Harapannya kita bisa bersama-sama, bahu membahu mempercepat pemulihan pasca-bencana," ungkapnya.

Dalam dialognya dengan para korban bencana, Trenggono mengingatkan agar selalu waspada, sebab gempa susulan masih terjadi.

Sebagai informasi, data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) korban meninggal dalam peristiwa gempa darat di Cianjur tembus 271 orang, ribuan warga terluka, dan puluhan orang masih hilang.

Getaran gempa juga mengakibatkan permukiman luluh yang memaksa puluhan ribu warga mengungsi di tenda-tenda pengungsian. (OL-8)

Baca Juga

Medcom

BMKG Bali Keluarkan Peringatan Potensi Munculnya Cuaca Ekstrem

👤Ruta Suryana 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:31 WIB
BMKG Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini untuk potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang berdurasi...
MI/Yoseph Pencawan

Yayasan Karya Murni Kampanyekan Inklusi Disabilitas dari Pinggir Jalan

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:12 WIB
Ratusan anak penyandang disabilitas SLB Yayasan Karya Murni Medan berkampanye di tepi jalan mengedukasi masyarakat tentang...
DOK MI.

BNPB: Satu Warga Luka Ringan akibat Gempa Garut

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:04 WIB
Gempa itu dirasakan cukup kuat selama 4-5 detik di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya