Rabu 23 November 2022, 20:44 WIB

Sumsel Siapkan Personel Dan Peralatan Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Dwi Apriani | Nusantara
Sumsel Siapkan Personel Dan Peralatan Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Medcom
Ilustrasi

 

MUSIM penghujan menjadi penyebab potensi terjadinya berbagai bencana hidrometeorologi. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel, Iriansyah mengatakan Pemprov Sumsel sudah maksimal melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan bencana.

Diantaranya dengan menyiagakan ratusan personel lengkap dengan peralatan di setiap 17 kabupaten dan kota. Ia menyebut, Sumsel sangat berpotensi besar mengalami bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor,  puting beliung, dan semacamnya. "Khususnya di daerah Bukit Barisan (Lahat, Pagaralam, Muara Enim, OKU Selatan dan sekitarnya)," kata Iriansyah, Rabu (23/11).

Menurut dia, daerah bukit barisan ini berpotensi paling besar terjadi kebencanaan hidrometeorologi ini. "Jadi sudah banyak yang kita lakukan
menyiapkan personel dan peralatan evakuasi, peralatan pencarian, penyelamatan melibatkan semua sektor potensi SAR khususnya di kawasan ini," ujarnya.

Iriansyah menyebutkan geografis di Sumsel memang merupakan daerah yang rawan banjir dan bencana hidrometeorologi, seperti longsor hingga  puting beliung, karena memang banyak daerah yang rawan bencana Selain itu juga, Sumsel terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi yang sangat rawan akan bencana longsor apalagi saat musim penghujan.

"Karenanya kami minta seluruh masyarakat terutama di daerah rawan banjir dan longsor untuk selalu waspada. Yang jelas banjir dan longsor masih mengancam karena saat ini musim penghujan," katanya.

BPBD Sumsel juga telah menyiagakan peralatan seperti perahu karet dan alat berat dalam menanggulangi bila terjadi bencana banjir dan longsor. Selain itu, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai BPBD kabupaten dan kota dalam mengantisipasi bencana alam hingga koordinasi dengan TNI, Polri, PU dan lain-lain. (OL-15)

Baca Juga

dok.ist

GMC Sulsel Sebut Ganjar sebagai Gammara Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 13:20 WIB
KOMUNITAS pemuda yang tergabung dalam jaringan relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Sulsel menggelar Festival Rakyat Milenial yang di...
dok.ist

Buka Peluang Usaha, Gemawira Riau Gelar Pelatihan Buat Deterjen hingga Budidaya Cabai

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 13:15 WIB
GERAKAN Masyarakat Wirausaha (Gemawira) memberikan pelatihan pembuatan deterjen untuk meningkatkan produktivitas sekaligus menjadi tambahan...
MI/Apul Sianturi

APBD Pematang Siantar 2023 Disepakati Sebesar Rp955 Miliar

👤Apul Iskandar 🕔Rabu 30 November 2022, 12:40 WIB
ANGGARAN Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pematang Siantar tahun 2023 disetujui DPRD naik sebesar Rp19.830.670.146 dari 2022. atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya