Rabu 23 November 2022, 14:35 WIB

Siloam Hospitals Palangka Raya Hadirkan Fasilitas Layanan MRI 1,5 Tesla

mediaindonesia.com | Nusantara
Siloam Hospitals Palangka Raya Hadirkan Fasilitas Layanan MRI 1,5 Tesla

Ist
Siloam Hospitals Palangka Raya meresmikan penggunaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1,5 Tesla.

 

DIREKTUR Siloam Hospitals Palangka Raya dr. Kevin Chrisanta Budiyatno, MARS., meresmikan penggunaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1,5 Tesla di Siloam Hospitals Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (22/12). 

Peresmian operasional alat MRI tersebut sebagai bagian dari upaya Siloam Hospitals Group untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di wilayah Kalimantan Tengah, sekaligus memenuhi tingginya kebutuhan akan modalitas diagnostik MRI yang selama ini belum tersedia di wilayah Kalimantan Tengah.

"Hal ini didukung pula oleh komitmen dokter spesialis dalam pengembangan mutu pelayanan Siloam Hospitals Palangka Raya bagi masyarakat, khususnya di Kalimantan Tengah," kata dr. Kevin dalam keterangan, Rabu (23/11). 

Alat Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1,5 Tesla merupakan alat diagnostik imaging mutakhir guna deteksi penyakit dan evaluasi terapi yang memiliki kekuatan 1,5 Tesla.

Keberadaan alat ini merupakan bentuk pengembangan layanan yang mencakup upgrade fasilitas dan penambahan alat medis baru. Dengan demikian, pelayanan kesehatan di Kalimantan Tengah akan semakin maju dengan hadirnya peralatan modern tersebut.

Pemindai MRI sebagai alat diagnostik medis mampu menghasilkan gambaran organ tubuh dan jaringan lunak, sebagai deteksi kelainan dalam tubuh dengan hasil sempurna tanpa risiko radiasi. 

“MRI 1,5 Tesla merupakan alat diagnostik mutakhir yang dapat digunakan untuk deteksi dan evaluasi, serta dapat digunakan untuk deteksi dini kelainan pada seluruh jaringan tubuh, mulai dari organ bagian kepala seperti otak, mata, hidung dan sinus; hingga bagian mulut dan leher, tulang belakang, saraf, jantung, serta pembuluh darah," ungkap dr. Edwin Hasiholan Pandjaitan, Sp.Rad (K) Abd. selaku dokter spesialis radiologi Siloam Hospitals Palangka Raya.

Baca juga: Uji Coba KRIS Diperluas ke 10 Rumah Sakit pada 1 Desember

"MRI sangat baik untuk mendeteksi kelainan pada jaringan lunak seperti otak, saraf tulang belakang, payudara, sendi, juga organ dalam tubuh lainnya seperti hati, ginjal, rahim, atau prostat," jelas dr.Edwin.

"Bahkan pemeriksaan dengan alat tersebut lebih aman karena bebas radiasi, serta menghasilkan gambaran struktur dan organ dalam tubuh yang lebih jelas dan detail dibandingkan rontgen, USG, atau CT scan,” ujarnya.

Efisien dan Multifungsi

Sebagai Rumah Sakit Swasta pertama di Kalimatan Tengah yang mempunyai fasilitas MRI, Siloam menghadirkan pelayanan kesehatan terkini sehingga masyarakat tidak perlu pergi berobat jauh di luar provinsi Kalimantan Tengah atau ke Pulau Jawa.

"Namun dapat mengakses pelayanan kesehatan di daerah sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk berobat ke luar daerah," ujar dr. Kevin, Direktur Siloam Hospitals Palangka Raya

Pihaknya berharap Siloam Hospitals Palangka Raya dapat memberikan pelayanan kesehatan maksimal bagi
masyarakat Kalimantan Tengah. 

MRI dengan Layanan Ortopedi

Adapun bagi pasien di klinik ortopedi tulang belakang, keberadaan layanan MRI dapat memfasilitasi kebutuhan pasien agar hasil optimal dapat dilakukan.  

"Pasien dengan keluhan penyakit tulang belakang, datang dan memerlukan diagnosis pasti tentang nyeri pinggangnya atau nyeri lehernya," ujar dr. Perwira Bintang Hari, Sp.OT (K) Spine, dokter konsultan tulang belakang di Siloam Hospitals Palangka Raya. 

"Selama ini pasien terpaksa dirujuk ke Banjarmasin agar dapat dilakukan MRI pada tulang belakang yang dicurigai," ujarnya.

"Hal ini tentu menyebabkan ketidaknyamanan karena ada biayatambahan berupa transportasi dan penginapan yang harus ditanggung pasien dan keluarganya,” jelas dr.Perwira.

“Dengan adanya MRI di Siloam Hospitals Palangka Raya, penegakan diagnosis terkait keluhan nyeri tulang  belakang akan semakin mudah dan terjangkau, sehingga presisi untuk operasi tulang belakang diharapkan  menjadi semakin tinggi,” imbuhnya.

Ada harapan besar agar pelayanan kesehatan di Kalimantan Tengah semakin baik dan bertambah maju. 

Hal ini menjadi motivasi agar rumah sakit daerah yang ada di Kalimantan Tengah juga bisa segera memiliki MRI agar pelayanan yang tersedia semakin lengkap dan kemampuan diagnosis penyakit menjadi lebih baik. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/NAVIANDRI

Pemeliharaan Sungai Citarum Harus Dilanjutkan setelah Program Citarum Harum Selesai pada 2025

👤Naviandri 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:55 WIB
Program Citarum Harum ditetapkan sesuai Perpres 18/2018 tentang  Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai...
Dok Komunitas Petani Muda Keren.

Bali Go Organik 2024, Pertanian Bergerak dengan Pupuk Organik Demi Menjaga Ekosistem Alam

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:53 WIB
Komunitas Petani Muda Keren mengadakan kegiatan Festival Petani Mandiri yang diselenggarakan pada Kamis (1/12) di Jatiluwih Rice Terrace,...
MI/Jamaah

Korban Banjir Bandang di Pati Bertambah Jadi 2 Orang

👤Jamaah 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:50 WIB
PIHAK Kecamatan Tambakromo masih melakukan pemdataan lebih lanjut dampak kerusakan rumah warga. Sejumlah tempat ibadah masjid dan musala...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya