Rabu 23 November 2022, 05:45 WIB

Sepekan, Relawan Mak Ganjar Bangun Dapur Umum untuk Korban Gempa Cianjur

mediaindonesia.com | Nusantara
Sepekan, Relawan Mak Ganjar Bangun Dapur Umum untuk Korban Gempa Cianjur

dok.ist
Relawan Mak Ganjar mendirikan dapur umum di Kampung Jamaras, Desa Sarampad, Kecamatan Sugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11

 

RELAWAN emak-emak pendukung Ganjar Pranowo (Mak Ganjar) bergerak cepat membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Mereka mendirikan dapur umum di Kampung Jamaras, Desa Sarampad, Kecamatan Sugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/22) hingga sepekan ke depan.

Gempa bermagnitudo 5.6 yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11) menyisakan duka mendalam. Pasalnya berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), guncangan itu menelan 268 korban jiwa, 1.083 warga luka-luka dan 58.362 orang mengungsi.

"Setelah melakukan survei, kami menemukan tempat pengungsian yang belum mendapatkan bantuan seperti di RT3/5 dan RW1 Desa Sarampad," ucap Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jabar, Nurapsi, Rabu (23/11/2022).

Relawan mak-mak itu bergotong royong membangun dapur umum. Warga setempat turun membantu dan memasak bersama untuk kebutuhan pangan para pengungsi. Mereka menyiapkan ratusan paket makanan berisi nasi, mie, dan telur dadar.

Mak Ganjar juga mendistribusikan paket makanan ringan untuk anak-anak secara door to door agar tepat sasaran. Dia berharap, bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan meringankan beban mereka.

"Hari ini fokus kami mendirikan dapur umum untuk memberikan 200 paket makanan siap saji, serta 100 snack untuk anak-anak. Kami juga melakukan pendekatan humanis seperti mengobrol dengan para pengungsi, setidaknya hal ini bisa membuat psikologis mereka lebih tenang," jelas Nurapsi.

Nurapsi memastikan, Mak Ganjar terus mendistribusikan bantuan bagi korban gempa di Cianjur selama sepekan. Pihaknya menyasar wilayah lain yang belum mendapatkan bantuan.

"Dari Sarampad kita menyebar lagi ke desa lainnya seperti Desa Grogol, kemudian di Desa Nagrak. Itu titik yang paling parah. Kami berdoa semoga para korban selamat diberi kesehatan dan dilapangkan hatinya," tutup Nurapsi.

Apresiasi Warga Setempat

Salah satu warga di Pengungsian RT3/5 Desa Sarampad, Suhendar (51) bersyukur atas bantuan yang disalurkan oleh Mak Ganjar Jabar. Dia menyebut, belum ada satupun bantuan yang diterima selain dari relawan emak-emak itu.

"Terima kasih kepada Mak Ganjar yang telah memberikan bantuan ini untuk kami para pengungsi. Semoga bantuan-bantuan lainnya bisa menyusul, seperti popok bayi, susu, dan logistik lain," kata Suhendar. (OL-13)

Baca Juga

MI/DJOKO SARDJONO

BPJS Ketenagakerjaan Klaten Menyerahkan Santunan Kematian kepada Ahli Waris Penjaga Kantor Desa Tijayan

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 28 November 2022, 21:15 WIB
Noviana mengajak warga yang sudah bekerja untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS...
Ist

Perhutani Gelar Forest Run 2022, Lari Melintasi Hutan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 21:08 WIB
Perhutani melalui Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ekowisata Jawa Barat dan Banten bersama komunitas Bandung Explorer menggelar lomba lari...
dok.ist

Kedatangan Tim Kemanusiaan BIN Disambut Haru Warga Kampung Cibereum Kaler

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 21:03 WIB
KEDATANGAN Tim Kemanusiaan Badan Intelijen Negara (BIN) ke Kampung Cibereum Kaler, Desa Cibereum, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya