Selasa 22 November 2022, 12:40 WIB

Pemkab Bandung Barat Siapkan Tiga Rumah Sakit Tangani Korban Gempa Cianjur

Depi Gunawan | Nusantara
Pemkab Bandung Barat Siapkan Tiga Rumah Sakit Tangani Korban Gempa Cianjur

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Petugas mengevakuasi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.

 

PEMKAB Bandung Barat, Jawa Barat menyiapkan tiga rumah sakit untuk menampung serta merawat pasien rujukan korban gempa berkekuatan 5,6 magnitudo di Cianjur. Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi apabila rumah sakit di Cianjur sudah tidak mampu menampung korban gempa mengingat jumlahnya cukup banyak. 

Ketiga rumah sakit tersebut di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalongwetan, RSUD Lembang dan Rumah Sakit Cahya Kawaluyan (RSCK) Padalarang.

"Tiga rumah sakit ini sudah disiapkan untuk pasien korban gempa Cianjur. Kami sudah berkoordinasi dengan tim gerak cepat terkait apa saja yang diperlukan untuk perawatan," terang Sekretaris Dinas Kesehatan Bandung Barat, Aam Wiriawan, Selasa (22/11).

Dia menjelaskan, semua rumah sakit tersebut telah menyiapkan fasilitas ruang perawatan tulang, soalnya berdasarkan laporan sementara, kebanyakan korban gempa Cianjur mengalami patah tulang akibat tertimpa material bangunan.

"Pastinya yang disiapkan di rumah sakit itu terkait penanganan patah tulang. Makanya tim dari kami datang kesana untuk berkoordinasi diagnosanya apa saja," katanya.

Selain menyiapkan sarana prasarana bagi pasien rujukan, Dinkes telah mengirimkan obat-obatan termasuk mobil ambulans untuk membawa pasien rujukan yang harus mendapat perawatan di Bandung Barat.

Sehari pascakejadian, dia menambahkan, belum ada pasien yang sudah dirawat dan ditangani di tiga rumah sakit yang disediakan. Pihaknya meyakinkan bahwa kebutuhan di rumah sakit sudah disiapkan jika harus menerima pasien rujukan dari Cianjur.

"Sampai saat ini belum ada pasien yang dirujuk, tapi kami terus berkoordinasi dengan tim di lapangan yang sudah ada di lokasi kejadian,"
jelasnya. (OL-15)
 

Baca Juga

MI/HO

Didik Mukrianto: Karang Taruna Berkomitmen Lahirkan Generasi Unggul Berwatak Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:42 WIB
Menurutnya, Karang Taruna akan terus memperkokoh peran sosialnya, menjadi perekat sosial dan penyambung solidaritas...
Antara.

Jangkauan Luas Prakerja, Warga Pulau Sumba Tambah Penghasilan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:42 WIB
Erlinda Rambu Enga ialah salah satu penerima manfaat Kartu Prakerja yang berasal dari Pulau Sumba, salah satu pulau di selatan Nusantara...
MI/Jamaah

Banjir di Pati Meluap, Jalan Alternatif Pati - Grobogan Ditutup Sementara

👤Jamaah 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:25 WIB
BANJIR yang merendam sejumlah kecamatan di Pati, Jawa Tengah, Terus meluas. Hingga Kamis (1/12/2022) sudah tujuh kecamatan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya