Sabtu 19 November 2022, 20:25 WIB

Pj Bupati Flotim: Tahun Depan Desa Terpencil sudah Bisa Nikmati Internet

Fransiskus Gerardus/Metro TV | Nusantara
Pj Bupati Flotim: Tahun Depan Desa Terpencil sudah Bisa Nikmati Internet

MetroTV/Fransiskus G
Tower BTS di Desa Lamatutu, Kecamatan Tanjung Bunga, kabupaten Flores Timur, NTT.

 

PENJABAT Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi, menargetkan sebelum memasuki 2023 jaringan internet sudah masuk ke desa-desa pelosok di wilayahnya.

Hal itu dilakukan untuk mengatasi kesenjangan jaringan internet yang masih dialami sejumlah desa di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Target tersebut mulai berjalan lewat pembangunan 5 tower base transceiver station (BTS) dengan radius atau jangkauan 6 kilometer dari titik tower.

Adapun 5 tower BTS itu yakni di Desa Lamatutu, Kecamatan Tanjung Bunga, Aransina, Kecamatan Tanjung Bunga, Latanliwo II, Kecamatan Tanjung Bunga, Tanah Lein, Kecamatan Solor Barat, dan Adabang, Kecamatan Titehena.

Dari kelima desa tersebut, Desa Tanah Lein sudah bisa mengakses jaringan internet (on air), Desa Aransina masih dalam proses pengerjaan tower BTS 3T, dan tiga desa lainnya tinggal memasang alat microwave.


Baca juga: Pembentukan Kodam Persiapan NTT Sesuai Kebutuhan Pertahanan


"Sebenarnya internet sudah bisa tersambung di Desa Lamatutu dan rencananya hari ini launching tetapi masih kurang microwave. Segera alat itu dipasang, sekarang sudah dikirim kesini," ujarnya saat mengunjungi Warga Desa Lamatutu, Kecamatan Tanjung Bunga, Sabtu (19/11).

Doris menerangkan, pengadaan 5 tower BTS untuk membantu warga pelosok berinteraksi dengan kerabat yang berada di tempat rantau, juga mencari referensi yang bermanfaat bagi kemajuan pembangunan.

"Nanti setelah launching di Desa Lamatutu, kita lanjut launching lagi satu titik yaitu di Desa Adabang. Ini membantu mereka berinteraksi dengan sesama," jelasnya.

Menurutnya, jangkauan internet dari titik tower bisa diakses sejauh enam kilometer. Pihaknya juga sedang berusaha mengadakan tower BTS di sejumlah desa yang sampai saat ini belum tersentuh jaringan internet.

"Kita sudah usul lagi. Sekarang tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Kominfo melalui BAKTI," jelasnya.

Sementara, Kadis Kominfo Flores Timur, Heronimus, Lamawuran mengatakan, BTS mampu menghasilkan sinyal berkekuatan 50 Mbps dengan radius 6 kilometer dari titik tower.

"Kekuatan sinyalnya bagus, bisa menghasilkan 50 Mbps. Desa Tana Lein sudah on air. Empat desa lainnya segera di-launching," ungkapnya. (OL-16)

 

Baca Juga

dok.ant

Korban Gempa Cianjur yang Dirujuk ke RSHS Bandung Bertambah

👤Naviandri 🕔Sabtu 26 November 2022, 16:15 WIB
HINGGA hari ini korban gempa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar) yang dirujuk ke RSHS Bandung bertambah. Data RSHS Bandung Pada Jumat...
Dok. Pertamina Patra Niaga

Pertamina Peduli Salurkan 100 Tabung LPG Bright Gas untuk Operasional Dapur Umum di Posko Pengungsi Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 15:37 WIB
Menjadi korban gempa tidak mematahkan semangat ibu-ibu di Mekarsari, Cianjur untuk terus bergotong royong membantu sesama para pengungsi...
Dok. Pertamina

Menteri Erick Thohir Apresiasi Gerak Cepat BUMN Kompak Bantu Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 15:14 WIB
Erick menambahkan, dengan hadirnya BUMN, diharapkan bisa membantu meringankan duka yang dialami para korban penyintas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya