Kamis 17 November 2022, 15:12 WIB

Palangka Raya Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir

Surya Sriyanti | Nusantara
Palangka Raya Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir

Antara/Makna Zaezar.
Warga duduk di depan warung makan yang terendam banjir di Jalan Mendawai Induk, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (17/11/2022).

 

PEMERINTAH Kota (Pemko) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (16/11), menetapkan status tanggap darurat banjir. Penetapan status ini dilakukan setelah beberapa wilayah di kota ini mulai terendam banjir akibat luapan sejumlah daerah aliran sungai (DAS) seperti Sungai Kahayan dan Rungan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencanan daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, mengatakan dengan status tanggap darurat banjir tersebut akan berlangsung 14 hari ke depan. "Ini sesuai dengan kesepakatan dari seluruh SOPD dan Forkopimda serta pihak terkait lain," jelasnya, Kamis (17/11).

Untuk itu, dia minta bagi warga yang bermukim di daerah rendah dan kawasan bantaran sungai agar dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap penambahan ketinggian air.

BPBD Kota Palangkaraya bersama dengan sejumlah tim relawan juga mendirikan tenda pengungsian di Jalan Arut, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya. "Posko yang didirikan ini nantinya bukan hanya untuk pengungsian, melainkan juga digunakan sebagai sarana dapur umum dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak banjir," ujarnya. 

Untuk diketahui banjir saat ini mulai terjadi di Jalan Mendawai dan Jalan Anoi, Kelurahan Palangkaraya, Kecamatan Jekan Raya, 
Palangkaraya. Ketinggian air yang mencapai 50 cm tersebut membuat 22 keluarga di Jalan Anoi harus tidur di tenda pengungsian yang disediakan oleh pemerintah. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Astra Financial

Didukung Astra Financial, Singkawang dan Sambas Resmikan Mahligai Pesisir

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 16:02 WIB
Pembangunan gerbang pembatas yang diresmikan oleh Pemkab Singkawang dan Pemkab Sambas, mendapat dukungan dari Astra...
MI/Panji Arimurti

Serunya Aksi 1.000 Penari Jaran Kepang di Temanggung

👤Panji Arimurti 🕔Minggu 27 November 2022, 15:19 WIB
Jaran Kepang merupakan kesenian tradisional khas Jawa Tengah. Diketahui, populasi penari Jaran Kepang sangat banyak di desa, termasuk...
Antara

Kemenkes Targetkan 1,2 Juta Anak di Aceh Dapat Vaksin Polio 

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 27 November 2022, 15:08 WIB
Hingga saat ini, sudah ditemukan tiga kasus polio anak di Aceh. Pada Senin (28/11) besok, Kemenkes menargetkan imunisasi polio...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya