Rabu 16 November 2022, 19:15 WIB

BMKG Ingatkan Bencana Hidrometeorologi Masih Ancam Banyumas Cilacap

Lilik Darmawan | Nusantara
BMKG Ingatkan Bencana Hidrometeorologi Masih Ancam Banyumas Cilacap

Medcom
Ilustrasi

 

HUJAN deras yang mengguyur wilayah Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) disertai angin kencang. Akibatnya beberapa pohon tumbang dan sejumlah rumah rusak.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan bahwa hujan yang disertai angin kencang pada Selasa (15/11) mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. "Bahkan pohon yang tumbang sempat menutup jalan nasional di Somagede. Selain itu, pohon tumbang dilaporkan juga menutup jalan di Purwokerto Selatan dan Sokaraja," jelas Budi.

Pihaknya langsung melakukan tindakan untuk memotong pohon supaya arus lalu lintas bisa jalan. "Kami meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai terjadinya angin kencang lagi. Sebab, berdasarkan prakiraan dari BMKG, hujan deras disertai angin kencang masih potensial terjadi," jelasnya. 

Sementara dari Cilacap dilaporkan, dua kecamatan di Cilacap yakni Bantarsari dan Patimuan. "Dari dua kecamatan tersebut, ada beberapa rumah yang mengalami kerusakan. Setidaknya ada enam rumah rusak," kata Analis Kebencanaan Ahli Muda BPBD Cilacap, Gatot Arief Widodo.

Terpisah, pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan daerah Jateng selatan masih berpotensi cuaca ekstrem hingga Jumat (18/11) mendatang. "Wilayah yang potensial hujan deras disertai petir dan angin kencang di Jateng selatan adalah Banyumas, Banjarnegara, Cilacap, Kebumen dan Purbalingga," katanya.

Dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca  ekstrem pada periode dua hari ke depan. "Karena berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," tambahnya. (OL-15)

Baca Juga

Dok. JAwa Eye Indonesia

Jawa Eye Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 01 Desember 2022, 02:01 WIB
PR Manager Jawa Eye Indonesia Setiadi menyatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Jawa Eye Indonesia atas musibah Gempa...
MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...
Dok. Peradi

Peradi Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 21:54 WIB
Hal ini merupakan satu misi peduli kemanusiaan dari para pengurus dan advokat anggota Peradi yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya