Selasa 15 November 2022, 20:32 WIB

Pacu Jiwa Wirausaha, Kementan Latih Proposal Bisnis Petani Milenial Kalsel

mediaindonesia.com | Nusantara
Pacu Jiwa Wirausaha, Kementan Latih Proposal Bisnis Petani Milenial Kalsel

dok.ist
Pelatihan tentang Proposal Bisnis dalam Pengajuan Hibah Kompetitif di BPP Mantewe diikuti 25 CPM.

 

KEMENTERIAN Pertanian RI terus berupaya memastikan masa depan pertanian Indonesia akan semakin cerah. Untuk itu, regenerasi petani terus digenjot melalui pencetakan petani milenial yang tiada henti dilakukan, termasuk memaksimalkan peran SMK PP Negeri Banjarbaru di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Guna mendukung upaya tersebut, Kementan bersama International Fund for Agriculture Development (IFAD), mendorong lahirnya generasi pertanian tangguh melalui Program Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS).

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menaruh harapan besar pada generasi milenial dalam pembangunan pertanian. Generasi milenial harus berani menjadi petani atau mendirikan start up pertanian.

"Usaha pertanian itu paling pasti untuk dilakukan. Selain untuk ekonomi, bisa juga membuka lapangan kerja. Coba bandingkan dengan usaha tambang yang membutuhkan waktu 10 hingga 20 tahun barulah bisa mendatangkan hasil," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM  Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa hadirnya Program YESS membuka kesempatan bagi pemuda-pemudi khususnya di wilayah perdesaan untuk mengembangkan perekonomian.

"Caranya, melalui kewirausahaan/pengembangan usaha atau dengan menambah lebih banyak lagi peluang kerja bagi sehingga dapat meningkatkan kontribusi untuk mentransformasi wilayah perdesaan secara berkelanjutan dan menyeluruh," katanya.

Dedi Nursyamsi menambahkan, untuk mengubah pola pikir tak semudah membalikkan telapak tangan, perlu ada figur-figur yang dapat menjadi contoh sekaligus agen perubahan bagi pemuda pemudi di perdesaan agar mau dan tertarik untuk berusaha di sektor pertanian.

SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalsel kembali menggelar pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Calon Penerima Manfaat (CPM) Program YESS di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.

Bekerjasama dengan District Implementation Team (DIT) Kabupaten Tanah Bumbu dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Mantewe, PPIU Kalsel menggelar Pelatihan Proposal Bisnis selama dua hari, 7 - 8 November 2022.

Pelatihan yang memfokuskan pada Proposal Bisnis dalam Pengajuan Hibah Kompetitif berlangsung di BPP Mantewe, yang diikuti 25 orang CPM dari Program YESS wilayah Tanah Bumbu.

Kepala BPP Mantewe, Rudianto mengatakan peserta Program YESS diharapkan mampu membuat Proposal Bisnis untuk kegiatan usahanya maupun mengajukan Hibah Kompetitif sehingga usahanya dapat berjalan lancar dan berkembang sesuai yang diharapkan.

Pada kesempatan terpisah, Project Manager PPIU Program YESS Kalsel, Angga Tri Aditia Permana mengatakan bahwa tujuan pelatihan untuk memberikan pelatihan bagi peserta Program YESS di Tanah Bumbu.

"Baik berupa ilmu, motivasi dan pengembangan usaha, membuat proposal dan masih banyak lagi, khususnya nanti saat pembuatan Proposal Bisnis dalam pengajuan Hibah Kompetitif," kata Angga.

Perlu diketahui bahwa Hibah Kompetitif adalah bantuan dalam bentuk modal usaha dari Kementan dan IFAD melalui proses seleksim dengan memenuhi persyaratan dan kesepakatan untuk memperkerjakan pemuda pencari kerja pertanian dan menumbuhkan wirausahawan muda lainnya di masa datang. (RO/OL-13)

Baca Juga

dok.Kemenag

Program Kampung Zakat Jangkau Desa di Kepulauan Meranti

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:10 WIB
DIREKTORAT Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, mempercepat pelaksanaan Program Kampung Zakat bagi masyarakat atau daerah...
MI/Belvania Sianturi

Ini Rekomendasi Penelitian Para Ahli Terkait Penataan KJA Danau Toba

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:08 WIB
Danau Toba juga dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti pembangkit listrik tenaga air, sumber air baku air minum, transportasi,...
dok.Ant

BBM Solar Subsidi Sulit Didapat di SPBU Bali Dipicu Kuota Menipis

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 06 Desember 2022, 20:58 WIB
BBM subsidi jenis solar di Bali sulit didapat. Hampir seluruh SPBU di Bali terlihat antrean mengular untuk membeli...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya