Minggu 13 November 2022, 08:15 WIB

Bandara Bali Layani Penerbangan Komersial Selama KTT G20

mediaindonesia.com | Nusantara
Bandara Bali Layani Penerbangan Komersial Selama KTT G20

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Persiapan bandara Bali jelang KTT G20

 

BANDARA I Gusti Ngurah Rai tetap melayani penerbangan komersial selama kedatangan kepala negara dan delegasi KTT G20 di Bali. Akan tetapi, secara dinamis dimungkinkan melaksanakan retime atau penyesuaian/penjadwalan ulang penerbangan jika ada pesawat VVIP atau kepala negara/delegasi dan tamu undangan KTT G20 yang akan mendarat.

“Kami melaksanakan retime. Kalau di jam tersebut cukup untuk dilalui pesawat komersial silakan masuk. Nanti akan ada diskusi antara flowtime, Indonesia Airport Slot Management dengan maskapai, siapa masuk di sini. Sisanya kalau tidak bisa di jam tersebut karena ada VVIP, maka dia retime,” kata General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawanmelalui sambungan telepon di Bali, Sabtu (12/11) malam.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan maskapai atas peluang terjadinya retime tersebut. Dengan adanya retime, Handy berharap pihaknya tetap bisa memberikan pelayanan ke penerbangan komersial.

Dia mengimbau para calon penumpang pesawat komersial yang akan datang ke Bali senantiasa selalu berkoordinasi dengan maskapai, untuk memastikan ada tidaknya retime jadwal penerbangan.

“Karena dengan adanya KTT G20, akan ada penyesuaian dari jadwal penerbangan,” ujarnya.

Baca juga: Putin dan Dua Pimpinan Negara Ini Tidak Hadiri KTT G20 di Bali

Sedangkan untuk penumpang yang mau terbang dari Bali, dia mengimbau berusaha datang lebih awal ke Bandara I Gusti Ngurah Rai karena kemungkinan akan ada pengalihan lalu lintas.

Berdasarkan simulasi yang telah dilakukan pihak bandara Bali, rata-rata waktu tempuh menuju ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali 25-30 menit lebih lama dari biasanya selama penyelenggaraan KTT G20, disebabkan pengalihan arus lalu lintas.

“Karena memang kami melihat pada saat VVIP itu datang melintas, berarti ada penutupan jalur di depan bandara, di depan gedung VVIP, otomatis tidak bisa dipakai. Untuk calon penumpang dari arah selatan tidak bisa belok langsung ke kiri masuk bandara, tapi harus lurus dulu melewati underpass,” tukasnya.

Kepala negara delegasi G20 yang akan hadir di Bali terdiri dari kepala negara atau delegasi dari 20 negara anggota G20, ditambah 9 negara undangan dan 10 undangan yang mendapat perlakuan VVIP.

Kepala negara, delegasi dan tamu undangan akan mulai datang ke Bali pada Minggu (13/11) secara berturut-turut hingga tanggal 15 November 2022. Sedangkan jadwal kepulangan akan berlangsung tanggal 15-17 November 2022.

Acara puncak KTT G20 akan berlangsung di The Apurva Kempinski Bali pada tanggal 15-16 November 2022.(Ant/OL-5)

Baca Juga

dok.Ant

Pengawasan Lemah Memudahkan Penyelundupan Burung Liar dari Bali

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:00 WIB
PENGAWASAN ketat tetap dilakukan Barantan Gilimanuk. Soal kenapa sampai lolos ke seberang memang ada beberapa kendala teknis di lapangan...
MI/Voucke L

Resnarkoba Polresta Manado Gagalkan Peredaran 30 Paket Sabu

👤Voucke Lontaan 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:15 WIB
SATUAN Reserse Narkoba Polresta Manado, Sulawesi Utara, berhasil menggagalkan pengedaran 30 paket narkoba jenis sabu. Terduga pria...
MI/NAVIANDRI

Komunitas Literasi NAD Luncurkan Kumpulan Cerpen Awi Chin di Bandung

👤Naviandri 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:10 WIB
Buku kumpulan cerpen yang banyak mengangkat kisah-kisah kehidupan dan lokalitas dari Kalimantan ini, memuat berbagai point of view yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya