Sabtu 12 November 2022, 23:40 WIB

Gelaran WSBK dan MotoGP Berdampak Positif Bagi NTB

Yusuf Riaman | Nusantara
Gelaran WSBK dan MotoGP Berdampak Positif Bagi NTB

ANTARA/Ahmad Subaidi
Ajang WSBK di Sirkuit Mandalika. Lombok, NTB.

 

BANYAKNYA event internasional seperti ajang WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, akan membuka peluang ekonomi dan menggerakkan industri pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain itu, event internasional seperti WSBK dan MotoGP bisa ajang belajar bagi masyarakat NTB menjadi lebih kreatif dan profesional.

Hal itu diungkapkan Gubernur NTB Zulkieflimansyah di di Media Center Indonesia Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (12/11). "Selain kehadiran UMKM dan penyedia berbagai kebutuhan penyelenggaraan, tenaga kerja yang terserap dari warga lokal terutama pelajar dan mahasiswa menjadi cara belajar memperbaiki penyelenggaraan maupun potensi masyarakat," katanya.

Ke depan, Gubernur Zulkieflimansyah berharap akan banyak kegiatan nasional maupun internasional dilaksanakan di Lombok, sehingga memberikan dampak bagi daerah. "Semoga tahun depan akan lebih banyak lagi. Karena semakin banyak bisa menjadi pelajaran buat kita," katanya.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan peningkatan ekonomi NTB jika berkaca dari gelaran MotoGP dan WSBK punya aspek langsung dan tidak langsung.

"Kalau berkaca dari MotoGP tahun lalu dampaknya secara ekonomi Rp5,8 triliun. Itu dampak langsung maupun tidak langsung. Kita harapkan WSBK tahun ini juga berikan dampak seperti itu, mungkin tidak sebesar MotoGP
tapi secara bertahap," kata Sandiaga. 

Sandiaga mengatakan nilai ekonomi yang diperoleh dari perhelatan WSBK dan MotoGP itu berdasarkan kajian komprehensif yang dilakukan Kemenparekraf bersama Universitas Indonesia (UI). Hasilnya dari sebuah pelaksanaan event seperti WSBK dan MotoGP terlihat dari penciptaan banyaknya lapangan kerja baru dan UMKM sehingga mampu mengurangi angka pengangguran di NTB.

"NTB tingkat penganggurannya menurun dan tingkat ekonominya di atas nasional. Walaupun ada perusahaan tambang besar yang menopang, tetapi tumbuhnya UMKM dan tercipta lapangan kerja cukup tinggi," ujarnya. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Update Korban Gempa Cianjur: 327 Jiwa Meninggal, 13 Masih Hilang

👤 Atalya Puspa 🕔Selasa 29 November 2022, 18:28 WIB
Total korban meninggal dunia akibat bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, berjumlah 327...
MGN/Rifqi Nafis Basya

Sedikitnya 202 Pengungsi Gempa Cianjur Terserang ISPA

👤Rifqi Nafis Basya (MGN), Muhardi (SB) 🕔Selasa 29 November 2022, 18:25 WIB
Rina mengatakan warga terdampak gempa mulai mengalami sakit sebagian besar yakni lansia, anak-anak, dan...
MGN/Yuki Pramudya

Organ Dalam Keluarga Tewas di Magelang Rusak bak Terbakar

👤Yuki Pramudya (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) 🕔Selasa 29 November 2022, 18:17 WIB
KEPOLISIAN Daerah Jawa Tengah memastikan tiga korban di Mertoyudan, Magelang, tewas diracun. Kondisi organ dalam para korban rusak berwarna...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya