Jumat 11 November 2022, 13:50 WIB

Pemkot Surakarta, PT Taspen dan PT Bank Jateng Gulirkan Program Rumah PNS tanpa Uang Muka

Widjajadi | Nusantara
Pemkot Surakarta, PT Taspen dan PT Bank Jateng Gulirkan Program Rumah PNS tanpa Uang Muka

MI/WIDJAJADI
Dirut PT Taspen Kosasih paparkan konsep rumah ASN di Surakarta dengan DP 0 persen dengan tenor 30 tahun

 

PEMERINTAH Kota Surakarta, Jawa Tengah, menandatangani kesepakatan bersama dengan  PT Taspen dan PT Bank Jateng untuk pengadaan rumah hunian bagi aparatur sipil negara dengan konsep tanpa uang muka atau DP 0%, dengan tenor 30 tahun hingga 40 tahun. Program ini baru pertama kali digulirkan di Indonesia.

"Menteri BUMN Erick Tohir sangat mendukung untuk pemilikan rumah bagi ASN yang berkualitas, murah dan mudah dimiliki. Kami pun sudah membicarakan dengan Wali Kota Surakarta, sehingga langsung gerak cepat," kata Dirut PT Taspen, Kosasih, di kompleks balai kota.

Menurut dia, ada dua konsep yang ditawarkan PT Taspen dalam pengadaan rumah untuk ASN ini , yakni rumah vertikal atau apartemen dan rumah tapak. Fasilitas yang disediakan ialah kredit pemilikan rumah (KPR) dengan jatuh tempo 30 tahun untuk rumah vertikal, dan 40 tahun bagi rumah tapak.

Kosasih menegaskan, program pengadaan rumah yang dibiayai Bank Jateng ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan bagi ASN dan sekaligus mendekatkan debitur dengan tempat kerja.

"Program ini pasti memudahkan ASN mendapatkan fasilitas pembiayaan perumahan serta sangat sejalan dengan program kerja Taspen, yakni meningkatkan kesejahteraan ASN," tambahnya.

Pembangunan rumah bagi ASN ini akan menempati lahan milik pemkot di kawasan Mojosongo. Wali Kota Gibran maupun Kosasih belum menjelaskan luasan lahan yang akan dibangun rumah susun atau apartemen 15 lantai yang dilaksanakan oleh PT Taspen Properti Indonesia itu.

Jika seluruh perizinan dan administrasi pemesanan lancar, Kosasih memastikan  PT Taspen Properti Indonesia cepat dalam berprogres membangun apartemen 15 lantai, dengan 213 unit hunian.


Sangat membantu

Pada kesempatan yang sama Dirut Bank Jateng Supriyatno mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu pembiayaan pengadaan rumah bagi ASN Solo yang disepakati bersama Pemkot Solo dan PT Taspen.

"Hingga Oktober lalu Bank Jateng sudah melakukan pembiayaan sebesar Rp55 triliun atas kredit yang kami berikan, dengan pertumbuhan bagus. ASN menjadi salah satu perhatian kami," tambahnya.

Sementara Wali Kota Gibran Rakabuming berharap, ASN Kota Surakarta yang berasal dari luar kota, dengan adanya kesepakatan yang dibuat Pemkot, PT Taspen dan Bank Jateng, itu, akan bisa memiliki rumah sendiri yang tidak jauh dari tempat kerja.

Menurutnya, dengan DP nol persen dengan masa jatuh tempo kredit 30 tahun dan bahkan 40 tahun bagi KPR rumah tapak, sangat membantu dalam pemilikan rumah sendiri.

Kosasih menambahkan jika membeli langsung jelas akan memberatkan ASN. Tapi dengan angsuran Rp2 juta per bulan dengab masa jatuh tempo kredit hingga 30 tahun atau setelah pensiun, pasti meringankan.

"Ini program pertama di Indonesia, dengan konsep tanpa uang muka dan dengan angsuran 30 tahun dan bahkan 40 tahun," tandasnya. (N-2)

Baca Juga

dok.korlantas

Jelang Libur Nataru, Korlantas Polri Cek Kesiapan Pos Operasi Lilin 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 23:17 WIB
KORLANTAS Polri bersama rombongan mengecek kesiapan Operasi Lilin 2022 jelang Libur Nataru, di Pos Lantas Cikopo, Jabar dan Pos Terpadu...
MI/DEWA EKA PRAYOGA FOUNDATION

DeEP-F Bangun Hunian Sementara Terintegrasi Untuk Korban Gempa Cianjur

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:10 WIB
Huntara Jannati memberikan fasilitas hunian sementara, lengkap dengan makanan siap saji, bimbingan keimanan dan bantuan pemberdayaan...
MI/BAYU ANGGORO

Garda Pemuda NasDem Jawa Barat Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:05 WIB
GP NasDem memberikan bantuan untuk para korban gempa bumi di kabupaten Cianjur sebagai bagian dari tanggung jawab...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya