Kamis 10 November 2022, 17:15 WIB

Ada Tiga Pelabuhan Baru di Bali, Pariwisata Nusa Penida Diharap Lebih Berkembang

Mediaindonesia.com | Nusantara
Ada Tiga Pelabuhan Baru di Bali, Pariwisata Nusa Penida Diharap Lebih Berkembang

Dok.Pemkab Klungkung
Bupati Kabupaten Klungkung saat meninjau kesiapan Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida

 

UNTUK menyambut para tamu undangan di ajang KTT G20, pemerintah membangun sejumlah infrastruktur di Bali. Beberapa di antaranya yakni Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida,  Pelabuhan Sanur, dan Gedung VVIP Banda Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan revitalisasi dan pembangunan infrastruktur tersebut merupakan kolaborasi Kemenhub dengan sejumlah pihak terkait dengan momentum KTT G20. "Momentum kedatangan pimpinan dunia dan semua stakeholder, ada menteri keuangan, menteri transportasi, dan lainnya datang ke sini melihat bahwa citra Indonesia yang semakin berkembang baik dari segi Infrastruktur " tutur Menhub.

Diresmikannya Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan disambut baik oleh Bupati kabupaten Klungkung I Nyoman Suwirta. "Kami sangat berterima  kasih sebesar-besarnya, kepada Bapak Presiden Jokowi beserta jajaran kementerian terkait dan tentunya kepada Bapak I Wayan Koster, Gubernur Provinsi Bali, atas terwujudnya mimpi masyarakat di Kabupaten Klungkung yakni pembangunan pelabuhan segitiga emas." 

"Saya yakin hal itu dapat mendongkrak pariwisata di Nusa Penida dan juga berdampak pada perekonomian masyarakat Klungkung," lanjutnya. 

Suwirta menyampaikan bahwa upaya pengembangan infrastruktur dan penunjang pariwisata di Kabupaten Klungkung khususnya di kawasan tiga pulau yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan, masih terus dijalankan walau masih dalam pengembangan.

"Pada 2022 ini telah terserap senilai Rp60 miliar untuk penuntasan perbaikan jalan yang sudah tertangani memakai sistem pengaspalan cold mix" jelasnya.

Dalam kesempatan lain, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Klungkung, I Wayan Kariana juga memastikan dengan diresmikannya pelabuhan menuju Nusa Penida tersebut, wisatawan akan lebih nyaman. 

"Selama ini para wisatawan yang datang ke Nusa Penida harus mengangkat koper atau berjalan melalui bibir pantai untuk menuju kapal, saat ini melalui pelabuhan Sampalan dan pelabuhan Bias Munjul akan membuat para wisatawan lebih nyaman karena sudah ada dermaga yang langsung terkoneksi dengan kapal dan bagasi sehingga wisatawan dapat tinggal lebih lama di Nusa Penida," ujarnya. (RO/A-1)

Baca Juga

DOK MI

UMK Palu Ditetapkan Sebesar Rp3.073.895

👤M Taufan SP Bustan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:36 WIB
PEMERINTAH Kota Palu, Sulawesi Tengah, menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) Palu 2023, sebesar Rp3.073.895. Jumlah itu naik dari UMK...
ANTARA/Umarul Faruq

BPBD Lumajang Bersihkan Abu Vulkanik Timbun Jembatan dan Tanggul

👤Bagus Suryo 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:32 WIB
Selain pembersihan material vulkanik, BPBD fokus pada penanganan pengungsi. Saat ini, jumlah pengungsi sebanyak 781...
Dok. DPRD Maluku

DPRD dan Pemprov Maluku Tandatangani Nota Kesepahaman KUA-PPAS APBD 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:19 WIB
dengan disepakatinya KUA-PPAS APBD Provinsi Maluku tahun anggaran 2023, maka akan dilanjutkan dengan agenda penyampaian dan pembahasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya