Kamis 10 November 2022, 13:35 WIB

Pemuda Papua Harus Meneladani Nilai-nilai Perjuangan Ramses Ohee

mediaindonesia.com | Nusantara
Pemuda Papua Harus Meneladani Nilai-nilai Perjuangan Ramses Ohee

dok.ist
Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring berkunjungke keluarga almarhum Ramses Ohee di Kampung Waena, Kota Jayapura, Papua, Kamis (

 

MEMPERINGATI Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022, Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring yang kerap disapa Pak JO, melakukan kunjungan silaturahmi ke keluarga almarhum Ramses Ohee di Kampung Waena, Kota Jayapura, Papua, Kamis (10/11/2022).

Kunjungannya ini sekaligus melaksanakan ziarah ke makam Pejuang Pepera Ramses Ohee yang berada di halaman rumah besar Ondoafi Waena Ke-VII Richard Herman Morouw Ohe tersebut.

Kepada awak media, Danrem menuturkan bahwa tujuannya kali ini kembali berziarah ke makam almarhum Ramses Ohee sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa beliau dimasa lalu bagi Papua.

Dalam pandangan Danrem, sosok Ramses Ohee layak masuk daftar Pahlawan Papua. Dari semua syarat kategori Pahlawan Nasional, beliau merupakan Pahlawan yang berjuang dari sisi politik dalam kejadian Pepera. Sosoknya telah membantu proses bagi rakyat Papua untuk mengikuti rangkaian proses Demokrasi yaitu Pepera.

Selain itu, lewat perjuangan yang dipimpin Ondoafi Ramses Ohee, hingga lahirnya 14 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua dari jalur pengangkatan Otonomi Khusus (Otsus) yang berasal dari Orang Asli Papua (OAP).

"Apa yang kita dapatkan saat ini tidak lepas dari perjuangannya sehingga beliau layak diusulkan sebagai seorang Pahlawan dari Tanah Papua,” kata Pak JO dalam rilisnya.

“Selama hidupnya, Ramses Ohee secara total membela Negara Kesatuan Republik Indonesia di Bumi Cenderawasih. Bahkan sebagai kecintaannya terhadap NKRI, beliau mendirikan organisasi yang diberi nama Barisan Merah Putih (BMP) yang bermarkas di Kota Jayapura. Organisasi ini berperan aktif untuk memberikan dukungan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Papua,” sambung Danrem.

Danrem juga menilai, sosok Ramses Ohee merupakan seorang pejuang yang patut diteladani karena selalu konsisten dalam perkataan dan perbuatannya sehari-hari selama hidupnya. Selama Hidupnya banyak memberi teladan yang baik bagi para generasi muda Papua untuk kesatuan bangsa Indonesia.

“Beliau adalah orang tua saya, senior, teman saya berdiskusi dan juga guru saya. Beliau banyak memberikan pencerahan kepada saya dan teman-teman yang bertugas di Papua terkait dengan sejarah Papua dan kemudian semangat beliau yang saya lihat bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan serta untuk membangun tanah Papua yang begitu besar,” kenang Danrem.

Danrem menganggap bahwa apa yang dilakukan Ramses Ohee selama hidup memberi warna baru untuk sebuah perjuangan. "Beliau sosok pejuang sejak Pepera dulu dan kami tidak meragukan upaya beliau dalam menjaga kedaulatan dan bingkai NKRI melalui caranya,” tutur Danrem.
 
Danrem meminta dan mengajak pemuda Papua untuk berkaca pada perjuangan para pahlawan yang merebut kemerdekaan dengan susah payah.

"Perjuangan terkini adalah bagaimana kaum muda mempersiapkan diri menghadapi perkembangan global saat ini. Perbanyak pengalaman diberbagai bidang terutama kecakapan dan keahlian hidup sehingga bisa merdeka dalam kehidupan yang hakiki dan ikut berperan serta membangun SDM dan kesejahteraan di tanah Papua," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Maknai Hari Pahlawan Kekinian, Ini Kriteria Pahlawan dari Bos Sido Muncul

Baca Juga

dok.ist

Di Rakernis, Korlantas Polri Sosialisasikan Alat Tes Alkohol Dan Narkoba

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 06:02 WIB
KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) sekaigus menyosialisasikan alat tes alkohol dan alat tes...
Dok. JAwa Eye Indonesia

Jawa Eye Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 01 Desember 2022, 02:01 WIB
PR Manager Jawa Eye Indonesia Setiadi menyatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Jawa Eye Indonesia atas musibah Gempa...
MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya