Rabu 09 November 2022, 15:49 WIB

Sungai Bahar Musi Banyuasin Meluap, 586 Keluarga Terdampak Banjir

Dwi Apriani | Nusantara
Sungai Bahar Musi Banyuasin Meluap, 586 Keluarga Terdampak Banjir

MI/Dwi Apriani.
BPBD Muba bersama unsur TNI dan kepolisian membantu proses evakuasi warga Dusun I dan Dusun 2 Desa di Muara Bahar Kecamatan Bayung Lencir.

 

CURAH hujan tinggi di Kabupaten Musi Banyuasi, Sumatra Selatan, membuat Sungai Bahar, Kecamatan Bayung Lencir, meluap, Rabu (9/11). Akibatnya, dua dusun yakni Dusun I dan Dusun 2 Desa di Muara Bahar Kecamatan Bayung Lencir terkena dampak dari luapan sungai tersebut.

Tercatat, ada 586 keluarga terdampak dari luapan Sungai Bahar yang mengharuskan masyarakat harus dievaluasi dan diungsikan sementara. "Telah terjadi bencana banjir di wilayah tersebut yang disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi dan luapan Sungai Bahar. Bantuan logistik dan evakuasi sudah kami lakukan," ungkap Kepala BPBD Muba, Pathi Ridwan.

Ia menjelaskan, saat ini ketinggian air sekitar 120 cm dari titik terendah dan mengganggu aktivitas warga setempat. "Warga yang terdampak mengungsi ke rumah keluarga dan kerabat terdekat yang tidak terdampak banjir," ungkap Pathi.

Tidak ada korban jiwa dari musibah tersebut. Pihak BPBD memberikan arahan kepada tim gabungan untuk melaksanakan kaji cepat ke lokasi kejadian.

"Saat ini tim gabungan tengah berada di lokasi bencana guna memberikan bantuan moril dan evakuasi korban yang terdampak. Satu perahu fiber dan perlengkapan sudah diposisikan di lokasi," bebernya.

Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi mengatakan pihaknya telah meminta dinas terkait untuk segera menurunkan bantuan dan terpenting mengevakuasi warga. "Evakuasi warga menjadi prioritas dan inventarisasi kebutuhan mendesak warga yang terdampak," tegasnya.

Apriyadi juga memastikan warga yang terkena dampak dan sekitar daerah terkena banjir untuk dicek kesehatan dan pelayanan medisnya. "Pastikan pasokan air bersih dan kebutuhan pangan tersedia di lokasi pengungsian," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok. kemenkominfo

Masyarakat Makassar Diajak Jadi Konten Kreator yang Viral Tanpa Hilang Moral

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 17:28 WIB
Menurut Rizki Ameliah, perlu diingat bahwa menjadi viral tidak semuanya mengenai hal positif saja. Salah satu langkah paling nyata dalam...
ANTARA

Stok Beras Bulog Sumsel Babel Aman Hingga 7 Bulan

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 30 November 2022, 17:27 WIB
BADAN Urusan Logistik Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Sumsel  Babel) memastikan stok bahan pokok diwilahnya dalam kondisi...
Dok.Kemenkominfo

Pelatihan Literasi Digital di Jateng dan DIY Diikurti 425 Ribu Orang Sepanjang Juni-November

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 17:22 WIB
Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah yang menjadi target program literasi digital telah menjangkau 425.000...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya