Rabu 09 November 2022, 13:50 WIB

60 SDM Pariwisata di Samosir Ikuti Sertifikasi yang digelar Kemenparekraf

Apul Iskandar | Nusantara
60 SDM Pariwisata di Samosir Ikuti Sertifikasi yang digelar Kemenparekraf

MI/Apul Sianturi
Tingkatkan Kompetensi, Kemenparekraf Gelar Sertifikasi SDM Pariwisatadi Samosir, Sumut.

 

UNTUK mempercepat pemulihan dan peningkatan produktivitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melalui Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan menggelar pelatihan dan sertifikasi sumber daya manusia (SDM) di Tabo Cottages Kabupaten Samosir yang diikuti oleh  60 orang karyawan - karyawati hotel dan restoran yang ada di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Pelatihan dan sertifikasi SDM yang digelar merupakan program unggulan Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf pada kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan dan peningkatan produktivitas sektor parekraf melalui upskilling (peningkatan kompetensi), reskilling (penguatan kompetensi), dan new skilling (penambahan kompetensi baru).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Kabupaten Samosir Tetti Naibaho menyampaikan bahwa sektor parekraf berpotensi untuk menyerap banyak tenaga kerja dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Melalui kegiatan tersebut dia berharap mampu memfasilitasi tenaga kerja pariwisata untuk mendapatkan sertifikat kompetensi melalui suatu uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang terakreditasi, untuk menjamin keberlanjutan pasokan tenaga kerja terampil bagi sektor pariwisata.

"Selain itu, uji kompetensi ini akan mempercepat pengakuan industri pariwisata terhadap tenaga kerja pariwisata bersertifikat khususnya di kawasan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas", kata Tetti di Samosir kemarin.

Sebagai pelaksana uji kompetensi, Kemenparekraf turut menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi Hotel dan Pariwisata (LSP HOTPARI) Medan dengan menghadirkan 5 orang asessor (tenaga penguji) setiap bidangnya. Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari, yakni pada Selasa, (8/11) dengan uji kompetensi bidang Food and Beverage Service, dan Rabu, (9/11) uji kompetensi bidang Food Production. (OL-13)

Baca Juga

Biro Pers Setpres

Pemprov Sumbar Akui Pemerataan Infrastruktur Jokowi Bangkitkan Perekonomian

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 07 Desember 2022, 14:57 WIB
Rifda menilai Jokowi menghapus stigma bahwa infrastruktur hanya dihadirkan di Pulau Jawa...
MI/Haryanto

Ganjar Pastikan Tol Semarang-Demak Siap Digunakan di Libur Nataru

👤Haryanto 🕔Rabu 07 Desember 2022, 12:39 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memastikan jalan Tol Semarang-Demak siap digunakan saat momen libur natal dan tahun baru...
ANTARA

Hasil Evaluasi SAKIP, Pemprov Jatim Kembali Peroleh Predikat A

👤Budi Ernanto 🕔Rabu 07 Desember 2022, 11:00 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memperoleh Indeks Reformasi Birokrasi dengan predikat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya