Rabu 09 November 2022, 13:15 WIB

Ganjar Pastikan Tol Semarang - Demak Siap Beroperasi saat Libur Nataru

Haryanto | Nusantara
Ganjar Pastikan Tol Semarang - Demak Siap Beroperasi saat Libur Nataru

dok.Pemprov Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau tol Semarang - Demak di Gerbang Tol Sayung, Selasa (8/11/2022)

 

PEMBANGUNAN proyek tol Semarang - Demak seksi 2 Sayung - Demak telah mencapai 98 persen. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang meninjau langsung pembangunan menyebut, masih ada tahap uji coba yang harus dilakukan sebelum tol dibuka pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) mendatang.
   
"Kita mau tes dulu, fisiknya sih sudah jadi tapi masih harus ada tahapan uji coba. Ini harapan yang ditunggu-tunggu sebenarnya dari masyarakat di Sayung dan sekitarnya, jadi antara Semarang - Demak," ujar Ganjar di Gerbang Tol Sayung, kemarin.

Ganjar menjelaskan, tol Semarang - Demak juga terintegrasi dengan tanggul laut. Diharapkan, dengan adanya tol ini permasalahan banjir rob khususnya di Semarang Timur atau jalur Kaligawe - Sayung bisa teratasi.

"Lalu juga terkait dengan rob ya karena nanti akan ada tanggul yang dibuat. Tanggulnya kemarin uji coba dengan konstruksi yang didesain anak-anak bangsa ini, rasanya sampai hari ini cukup berhasil," jelas Ganjar.

Tol yang memiliki panjang 16,31 km itu menelan biaya investasi Rp5,4 triliun dan biaya konstruksi senilai Rp4,3 triliun. Ganjar pun mendorong adanya upaya percepatan agar masyarakat bisa segera merasakan manfaatnya.

Ganjar juga menginginkan ketika dibuka pada Nataru besok, masyarakat yang melintasi tol tersebut belum dikenakan biaya.

"Mudah-mudahan dengan tes yang sudah selesai akan dilakukan percepatan untuk pengerjaan tanggulnya dan kita harapkan bisa segera berfungsi," ucap Ganjar.

"Nataru mungkin sudah bisa digunakan meskipun uji coba. Mungkin belum bayar juga nanti ya dan sekarang sudah mulai kelihatan," sambung Ganjar.

Terakhir Ganjar mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah bersedia memberikan lahannya untuk pembangunan tol Semarang - Demak.

"Tentu saya terima kasih sekali dari warga yang sudah mau mengorbankan lahannya, tapi yang belum kita minta bantuan dan dukungannya agar komunikasinya baik dan akan jadi manfaat untuk semuanya," ungkap Ganjar. (OL-13)

Baca Juga: Presiden: Tol Semarang-Demak akan Urai Kemacetan dan Cegah Banjir

Baca Juga

dok.Kemenag

Program Kampung Zakat Jangkau Desa di Kepulauan Meranti

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:10 WIB
DIREKTORAT Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, mempercepat pelaksanaan Program Kampung Zakat bagi masyarakat atau daerah...
MI/Belvania Sianturi

Ini Rekomendasi Penelitian Para Ahli Terkait Penataan KJA Danau Toba

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:08 WIB
Danau Toba juga dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti pembangkit listrik tenaga air, sumber air baku air minum, transportasi,...
dok.Ant

BBM Solar Subsidi Sulit Didapat di SPBU Bali Dipicu Kuota Menipis

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 06 Desember 2022, 20:58 WIB
BBM subsidi jenis solar di Bali sulit didapat. Hampir seluruh SPBU di Bali terlihat antrean mengular untuk membeli...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya