Selasa 08 November 2022, 17:45 WIB

Berikut Rekayasa Lalu Lintas Saat Perhelatan WSBK di Mandalika

mediaindonesia.com | Nusantara
Berikut Rekayasa Lalu Lintas Saat Perhelatan WSBK di Mandalika

ANTARA/Ahmad Subaidi
Foto udara ruas jalan bundaran Sunggung bypass Bandara Internasional Lombok-Mandalika di Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB.

 

KEPOLISIAN Daerah Nusa Tenggara Barat menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kejuaraan balap motor World Superbike 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, 11-13 November.
 
Direktur Lalu Lintas Polda NTB Komisaris Besar Djoni Widodo di Mataram, Selasa (8/11), menjelaskan rekayasa lalu lintas untuk kebutuhan WSBK 2022 mulai dari tahap pembagian zona pengamanan.
 
"Jadi, pengamanan arus lalu lintas pada ajang WSBK 2022 kami bagi dalam tiga zona," kata Djoni.
 
Ia menjelaskan zona terluar mulai dari koridor kedatangan penonton yang berada pada lima pintu masuk Pulau Lombok. Lima titik tersebut berada di Bandara International Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) di Kabupaten Lombok Tengah, Pelabuhan Lembar dan Dermaga Gili Mas di Kabupaten Lombok Barat, Pelabuhan Bangsal di Kabupaten Lombok Utara, Pelabuhan Kayangan di Kabupaten Lombok Timur, dan eks Bandara Selaparang di Kota Mataram.
 
"Zona terluar ini masuk zona tiga, pengamanan dimulai dari lima koridor kedatangan penonton sampai ke bundaran luar BIZAM yang ada di jalur bypass," ujarnya.
 
Kemudian, zona dua dimulai dari bundaran luar BIZAM sampai ke bundaran Sunggung di kawasan timur Mandalika dan bundaran Mong yang berada di kawasan barat Mandalika.
 
"Pengamanan di zona dua ini fokus untuk dua akses menuju kawasan Mandalika, dimulai dari bundaran luar BIZAM. Jalur yang lewat
bypass ke bundaran Sunggung dan jalur lama ke bundaran Mong," ujarnya.
 
Melalui bundaran luar BIZAM ini, petugas akan membantu pihak penyelenggara memeriksa tiket penonton. "Pemeriksaannya ini nanti
diarahkan melalui jalur mana penonton masuk, apakah harus lewat bypass atau jalur lama," kata Djoni.
 
Apabila tiket penonton menunjukkan lokasi di tribune A, B, C, H, primer, deluxe, lapak UMKM, areal festival, maupun bukit 360, petugas mengarahkan penonton melewati jalur bypass menuju bundaran Sunggung.


Baca juga: Stok Pangan di Cianjur Dipastikan Aman Jelang Libur Nataru

 
"Untuk tiket I, J, dan K, itu lewat jalur lama, bundaran Mong, areal parkir barat. Penonton bisa langsung masuk ke gate tiga," tambahnya.
 
Selanjutnya, masuk zona satu, khusus di bundaran Sunggung untuk kawasan timur Mandalika, petugas akan kembali melakukan pemeriksaan tiket penonton.
 
"Dari bundaran Sunggung ini ada penyekatan lagi. Petugas akan mengarahkan penonton sesuai dengan tiket," kata Djoni.
 
Untuk tiket penonton yang menunjukkan lokasi tribune A, B, primer, deluxe, petugas akan mengarahkan ke jalur kanan bundaran Sunggung. "Jalur kanan bundaran Sunggung ini yang akan masuk ke gate satu, areal depan dari sirkuit," katanya.
 
Kemudian, untuk tiket tribune C, H, lapak UMKM, bukit 360, dan ke areal festival diarahkan ke jalur pesisir pantai. "Itu yang ke gate dua. Arah lurus dari bundaran Sunggung," imbuhnya.
 
Selanjutnya, untuk zona satu berada di dalam kawasan Mandalika. Areal parkir, lokasi gelaran musik, lapak UMKM, bukit 360, kawasan  perhotelan dan areal pantai masuk dalam tugas pengamanan di zona satu.
 
"Kalau pengamanan di dalam sirkuit, itu sudah menjadi tanggung jawab panitia penyelenggara. Kami hanya menjalankan fungsi perbantuan," katanya.
 
Djoni juga menyampaikan rekayasa lalu lintas untuk arus kepulangan penonton dari Mandalika.
 
"Kalau terjadi macet saat kepulangan, kami akan menerapkan sistem contra flow (lawan arus). Jadi, salah satu jalur bypass kami buat jadi dua jalur. Nanti di situ akan kami pasang pembatas traffic cone," ucap Djoni.
 
Selain sistem contra flow, pihaknya juga menyiapkan sistem satu arah apabila tingkat kemacetan semakin parah, seperti yang terjadi saat
ajang perhelatan MotoGP 2022. "Jadi, antisipasi untuk semua kemungkinan sudah kami siapkan," katanya. (Ant/OL-16)

 

Baca Juga

dok.ist

Di Rakernis, Korlantas Polri Sosialisasikan Alat Tes Alkohol Dan Narkoba

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 06:02 WIB
KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) sekaigus menyosialisasikan alat tes alkohol dan alat tes...
Dok. JAwa Eye Indonesia

Jawa Eye Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 01 Desember 2022, 02:01 WIB
PR Manager Jawa Eye Indonesia Setiadi menyatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Jawa Eye Indonesia atas musibah Gempa...
MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya