Selasa 08 November 2022, 16:17 WIB

BMKG Makassar Fasilitasi Warga untuk Saksikan Gerhana Bulan

Lina Herlina | Nusantara
BMKG Makassar Fasilitasi Warga untuk Saksikan Gerhana Bulan

DOK.BMKG
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar, Sulawesi Selatan

 

BALAI Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memberikan fasilitas berupa teleskop bagi warga Kota Makassar yang ingin menyaksikan fenomena gerhana bulan total, Selasa (8/11).

Masyarakat bisa datang langsung ke kantor BMKG Wilayah IV di Jalan Prof Dr Abdulrahman Basalamah No 4 Makassar, Sulawesi Selatan. "Terbuka untuk umum, semoga cuacanya cerah," kata Hanafi Hamzah, Kepala Bidang Data dan Informasi Balai BMKG Wilayah IV Makassar di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Ada sejumlah teleskop yang disiapkan untuk digunakan secara bergiliran oleh masyarakat yang datang.

"Ada teleskop dari Stasiun BMKG Gowa. Kemudian kita juga ada dari Kementerian Agama. Sebentar mulai dibuka sore. Kalau ada kesempatan, masyarakat silakan main ke kantor kami," lanjut Hanafi.

Meski terbuka untuk masyarakat umum, pihak BMKG membatasi jumlah warga yang hendak masuk. Hal ini mengingat keterbatasan tempat dan fasilitas.


Baca juga: Ini 4 Wilayah di Bengkulu yang Dapat Saksikan Puncak Gerhana Bulan Total


"Mungkin kita lihat dulu karena gedung kita terbatas juga. Jadi, mungkin paling banyak 30-40 orang kalau masyarakat umum selain dari wartawan," seru Hanafi.

Gerhana bulan total diperkirakan bakal berlangsung dengan durasi total selama 1 jam 24 menit 58 detik. Sementara durasi umbra atau gerhana sebagian dan total berlangsung selama 3 jam 39 menit 50 detik.

Puncak gerhana diperkirakan terjadi pukul 19.00.22 Wita. Namun, BMKG mulai membuka fasilitas untuk masyarakat sejak sore hari.

"Jika kondisi cuaca memungkinkan, maka persiapan dimulai pukul 17.00 Wita, sampai menunggu matahari terbenam, baru kita mulai pengamatan gerhananya," terang Hanafi.

Gerhana Bulan Total ini dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia dalam kondisi cuaca cerah. Selain itu, fenomena ini aman disaksikan dengan mata telanjang. (OL-16)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Lantamal XIV Sorong Gelar Khitanan Massal Di Kabupaten Raja Ampat

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:50 WIB
Aksi sosial digelar dalam rangka Hari Armada RI...
ANTARA/Jojon

7.302 Nakes di Palembang sudah Divaksinasi Booster Kedua

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 7.303 orang tenaga kesehatan (nakes) di Kota Palembang per 6  Desember sudah melakukan vaksinasi penguat (booster) kedua...
DOK.MI

Kejari Lombok Timur Tahan 3 Tersangka Kasus Korupsi Alsintan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:33 WIB
Tersangka ketiga tersebut berinisial AM yang berperan sebagai eksekutor pembentuk usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) pada dua kecamatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya