Selasa 08 November 2022, 14:30 WIB

Jamin Petani Dapatkan Akses Pupuk Bersubsidi, Ganjar Buat Posko Pelayanan dan Aduan

Haryanto | Nusantara
Jamin Petani Dapatkan Akses Pupuk Bersubsidi, Ganjar Buat Posko Pelayanan dan Aduan

dok.Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

 

Sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan dan membentuk tata kelola pertanian yang baik, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggagas posko pelayanan pupuk bersubsidi.

Posko pelayanan pupuk bersubsidi ditujukan untuk para petani agar persoalan pupuk bisa diminimalisir, terutama dalam hal distribusi pupuk.

"Maka saya minta tolong kawan-kawan penyuluh kita lebih baik, sistem development kita lebih baik agar kemudian distribusinya juga jauh lebih baik," kata Ganjar dalam keterangannya di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang pada Selasa (8/11/2022).

Ganjar sendiri hingga hari ini mengaku masih membuka nomor telepon pribadinya untuk menerima aduan dan keluhan dari para petani. Sebab Ganjar telah menjamin para petani yang memiliki Kartu Tani mendapatkan pupuk bersubsidi.

"Sampai hari ini di WA saya, saya menghandle langsung, 'pak pupuk lagi langka' dimana, siapa nama petaninya, saya minta kartu taninya. Karena saya menjamin yang punya kartu tani pasti dapet (subsidi pupuk)," ucap Ganjar.

Para petani kerap mengeluhkan kesulitan mendapatkan akses pupuk bersubsidi. Menurut Ganjar, hal itu dikarenakan adanya perbedaan harga yang memunculkan oknum distributor ilegal.

Oleh sebab itu, dengan adanya posko pelayanan pupuk bersubsidi Ganjar mengharapkan pendistribusian pupuk bersubsidi bisa lebih tepat sasaran, khususnya untuk petani yang memiliki Kartu Tani.

"Disparitas harga yang berbeda akan mendorong pedagang-pedagang ilegal. Makanya kenapa kami ada Kartu Tani untuk mendata agar yang berhak yang benar-benar dapat," jelas Ganjar.

Ganjar mengungkapkan, dibukanya posko pelayanan pupuk bersubsidi juga sebagai upaya menggalakkan ketahanan pangan di Jawa Tengah. Terlebih dengan munculnya isu resesi global tahun 2023.

"Kalo memang pupuk subsidi ini betul-betul mau dipakai untuk mendorong produktivitas petani, maka kamu mohon untuk dipenuhi alokasinya," ujar Ganjar.

Ganjar menginginkan para petani lebih aktif dalam melayangkan aspirasi dan aduannya terkait pupuk bersubsidi, dengan menghubungi langsung kontak nomor telepon yang tertera di posko pelayanan.

Posko pelayanan pupuk bersubsidi tersebut juga telah diunggah di seluruh sosial media pribadi milik Ganjar Pranowo.

Berikut beberapa kontak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang bisa dihubungi untuk pengaduan: Bidang Sarana Prasarana (Asil Tri Yuniati 08582261045), Bidang Penyuluhan (Dani Harun 08156850783) dan Bidang Perdagangan (Muktiorini 082134025353). (OL-13) 

Baca Juga

dok.ant

LKAAM Sumbar Siapkan Lagi Dua Ton Rendang untuk Penyintas Cianjur

👤Yose Hendra 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:25 WIB
LEMBAGA Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar bakal mengirimkan lagi rendang kepada korban gempa di Cianjur Jawa Barat sebanyak 2...
dok.ist

Kemeriahan Warga Desa di Karanganyar Deklarasi Dukung Ganjar Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:21 WIB
RIBUAN orang memadati Alun-alun Karanganyar yang terletak di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu...
AFP/PUTRI

Aktivitas Vulkanis Semeru Meningkat, BPBD Lumajang Sterilkan Zona Merah

👤Bagus Suryo 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:39 WIB
Kerusakan akibat awan panas Gunung Semeru itu terparah di Dusun Kajar Kuning berbatasan dengan Curah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya