Kamis 03 November 2022, 13:30 WIB

Warga Malang Tewas akibat Tertimbun Longsor Selama 3 Hari

Wahyu Tiar (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) | Nusantara
Warga Malang Tewas akibat Tertimbun Longsor Selama 3 Hari

MGN/Wahyu Tiar
Warga Malang Tewas Tertimbun Longsor Selama 3 Hari

 

TERTIMBUN longsor selama tiga hari, Muhammad Amin, 25, akhirnya berhasil ditemukan oleh tim SAR. Ia dievakuasi sudah dalam keadaan meninggal dunia. Korban dievakuasi pada Kamis (3/11/2022) Pukul 10:00 WIB atau 41 jam setelah dilaporkan hilang di Kawasan Lembah Ledok Amprong, Malang, Jawa Timur.

Jasad Amin ditemukan tak lama setelah warga dan Tim SAR mendapati motor Honda Revo milik korban tertimbun di dekat bongkahan kayu. Titik keberadaan korban terdeteksi oleh anjing pelacak. 

"Korban ditemukan di kedalaman 3,5 meter dari timbunan longsor. Awalnya kita menemukan motor korban Jam 07.00 pagi, kemudian kami telusuri di sekitarnya. Akhirnya Jam 10.00 korban berhasil kita evakuasi," terang Camat Poncokusumo Didik Agus Mulyono.

 Proses penggalian, lanjut Didik, terkendala akibat posisi tubuh korban terhimpit batu besar, bongkahan kayu dan endapan lumpur.

"Proses evakuasi cukup memakan waktu karena posisi korban tertimbun oleh material bebatuan dan kayu yang menghimpit jasadnya," katanya.

Selain itu, lokasi longsor yang berada di pedalaman lembah menjadi kendala utama evakuasi korban menuju mobil ambulans. Jasad korban harus dipindahkan secara estafet melintasi sungai dan perkebunan milik warga di kawasan lembah Ledok Amprong, Dusun Besuki, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Malang.

Diketahui sebelumnya, kejadian tanah longsor ini terjadi setelah hujan turun di kawasan Dusun Besuki pada Selasa (1/11/2022) lalu sekitar Pukul 15.00 WIB. Material longsor memiliki panjang kurang lebih 30 meter dengan ketinggian kurang lebih 12 meter. 

Seorang warga diduga tertimbun material longsor di lokasi tersebut. Korban bernama Muhammad Amin asal Dusun Kunci RT16/RW04 Desa Wringinanom itu hilang saat berada di ladang. Tim gabungan sebanyak 50 personel diterjunkan dalam proses pencarian korban. (Ren/A-3)

Baca Juga

Ist

Polda Metro Jaya Terjunkan Tim Trauma Healing dan Tenaga Medis ke Cianjur 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:56 WIB
Sebanyak 60 personel yang dipimpin  AKBP Agustin Susilowaty, untuk melakukan aktivitas trauma healing di Posko Bakti PMJ, di RS...
dok.Ist

Konferensi Mahasiswa Papua Dukung DOB Papua

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:35 WIB
KONFERENSI Mahasiswa Papua (KMP) menyatakan pelantikan gubernur akan mempercepat pembangunan di tiga Provinsi yang merupakan daerah otonom...
MI/NAVIANDRI

Pemeliharaan Sungai Citarum Harus Dilanjutkan setelah Program Citarum Harum Selesai pada 2025

👤Naviandri 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:55 WIB
Program Citarum Harum ditetapkan sesuai Perpres 18/2018 tentang  Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya