Kamis 03 November 2022, 06:00 WIB

Kapolda NTT Berkomitmen Pertahankan Keamanan Labuan Bajo

Mediaindonesia.com | Nusantara
Kapolda NTT Berkomitmen Pertahankan Keamanan Labuan Bajo

MI/Susanto
Pulau Padar, Kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, NTT.

 

Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Johanis Asadoma menyatakan berkomitmen untuk mempertahankan keamanan perairan Labuan Bajo lewat kehadiran Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Manggarai Barat.

"Dengan adanya Satpolairud ini, operasi penertiban akan semakin efektif karena memang langsung berada di bawah komando Kapolres. Ini merupakan salah satu target kita untuk menertibkan pelanggaran di laut," kata pria yang akrab disapa Johni ini kepada wartawan usai mengukuhkan Satpolairud Polres Manggarai Barat, Labuan Bajo, Rabu, (2/11).

Kehadiran Satuan Polairud di bawah komando Polres Manggarai Barat merupakan keputusan strategis Kapolri untuk membangun Polri yang siap melayani masyarakat di mana saja.

Johni mengatakan kehadiran Satuan Polairud akan memberi kontribusi besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah laut, termasuk memberi perlindungan dan pencarian pertolongan kepada masyarakat yang ditimpa musibah.

"Dengan adanya Satpolairud ini, tugas kepolisian baik dalam pemeliharaan kamtibmas di laut, penegakan hukum di laut, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan di laut akan lebih baik. Tentunya pelanggaran laut lainnya akan diprioritaskan," kata Johni menegaskan.

Johni berharap para personel dapat memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat di wilayah perairan, nelayan, masyarakat, dan para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Dia pun berharap adanya kolaborasi dan sinergi bersama pemerintah daerah, TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan segenap pemangku kepentingan lain untuk mendukung pengamanan perairan di Labuan Bajo. "Mudah-mudahan karena ada event besar di sini terutama ASEAN Summit tahun depan, kita usulkan ke Mabes untuk penambahan personel di sini," katanya berharap.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi yang hadir dalam Pengukuhan Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Manggarai Barat memberikan apresiasi atas dukungan Polda NTT untuk mengamankan wilayah perairan dan mendukung pariwisata Labuan Bajo.

Menurutnya kehadiran Satpolairud Polres Manggarai Barat sangat strategis karena Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.

Dengan predikat super prioritas itu maka Labuan Bajo dituntut untuk memberikan jaminan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung.

Bupati yang akrab disapa Edi Endi itu pun berharap adanya kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan aparat kepolisian guna mendukung pengamanan pariwisata Labuan Bajo. "Kita dituntut menjamin wisatawan untuk merasa nyaman selama berwisata di tempat ini, termasuk bagaimana negara khususnya polisi hadir ketika terjadi kecelakaan berwisata di laut; kepolisian hadir menyelamatkan jiwa raga orang yang terkena musibah," kata bupati menandaskan. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok. JAwa Eye Indonesia

Jawa Eye Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 01 Desember 2022, 02:01 WIB
PR Manager Jawa Eye Indonesia Setiadi menyatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Jawa Eye Indonesia atas musibah Gempa...
MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...
Dok. Peradi

Peradi Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 21:54 WIB
Hal ini merupakan satu misi peduli kemanusiaan dari para pengurus dan advokat anggota Peradi yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya