Rabu 02 November 2022, 14:54 WIB

Inflasi Di Banyumas dan Cilacap Terkendali

Lilik Darmawan | Nusantara
Inflasi Di Banyumas dan Cilacap Terkendali

ANTARA
Ilustrasi

 

INFLASI di Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) relatif terkendali pada Oktober. Pasalnya, tingkat inflasi di kedua wilayah lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Rony Hartawan mengatakan tingkat inflasi yang dihitung oleh Badan Pusat Statisti (BPS) menyebutkan bahwa Purwokerto tercatat 0,02% (mtm) dan Cilacap 0,01% (mtm).

"Tingkat inflasi tersebut lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sejalan dengan mulai terkendalinya harga beberapa komoditas pangan strategis. Di antaranya adalah aneka cabai. Sebab, saat ini pasokan yang terpantau tinggi pasca puncak musim panen. Kemudian telur dan daging ayam ras juga aman suplainya," jelasnya, Rabu (2/11).

Di sisi lain, lanjut Roby, komoditas beras masih mengalami inflasi akibat penurunan produksi seiring berlangsungnya periode tanam gadu di berbagai sentra produksi. "Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Banyumas dan Cilacap telah melakukan penguatan sinergi program pengendalian inflasi serta penanggulangan dampak inflasi melalui implementasi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP)," ujarnya.

Program yang dilaksanakan adalah operasi pasar dan pasar murah untuk beberapa komoditas seperti beras, minyak goreng, aneka cabai, bawang merah, dan daging ayam ras.

"Ada juga pencanangan program urban farming melalui gerakan tanam cabai di pekarangan, penyerahan bentuan berupa peralatan digital farming untuk komoditas padi dan bawang merah dan peralatan pasca panen beras, pelaksanaan Kerja Sama Antar Daerah (KAD) komoditas bawang merah antara BUMP PT Bawor Tani Sejahtera (Banyumas) dan Poktan Mekar Jaya (Brebes)," ujarnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Dwi Apriyani

UMK Muba 2023 Naik 7,72 Persen

👤Dwi Apriyani 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:27 WIB
UPAH Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Musi Banyuasin (Muba), Sumsel 2023 ditetapkan sebesar Rp3.502.873 atau mengalami kenaikan 7,72...
MI/Depi

Polres Cimahi Tingkatkan Pengamanan Pascateror Bom di Polsek Astanaanyar

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:24 WIB
Pengamanan ketat itu di antaranya menyasar kawasan perbelanjaan, rumah ibadah, kantor pemerintahan, termasuk kantor...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Tokoh Pemuda Dayak Soroti Peran Erick Thohir dalam Pembangunan IKN: Libatkan Tenaga Lokal

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:17 WIB
Jauh sebelum menerima tugas menjadikan IKN sebagai tuan rumah perhelatan olahraga tingkat dunia pada 2036, Erick sudah berbicara positif...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya