Senin 31 Oktober 2022, 04:45 WIB

Emak-emak di Lamongan Antusias jadi Relawan Dukung Ganjar

mediaindonesia.com | Nusantara
Emak-emak di Lamongan Antusias jadi Relawan Dukung Ganjar

dok.ist
Ibu-ibu di Lamongan ikut bergabung dalam jaringan relawan Mak Ganjar Jawa Timur.

 

SEKITAR 1.000 ibu-ibu dari berbagai daerah di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur berkumpul di salah satu area lapang di Dusun Moro, Desa Moronyamplung, Kecamatan Kembangbahu pada Minggu (30/10/2022). Mereka adalah ibu-ibu yang tergabung dalam jaringan relawan Mak Ganjar Jawa Timur.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jawa Timur, Hariza Farwa mengatakan, para emak-emak tersebut datang dari latar belakang pekerjaan beragam, mulai dari petani, pedagang, hingga guru sekolah. Kekaguman terhadap figur Ganjar Pranowo menyatukan dan membentuk kekompakan mereka menjadi relawan Mak Ganjar.  "Mereka berharap Pak Ganjar bisa menjadi presiden," kata Hariza.

Hariza menjelaskan,  kebijakan-kebijakan Ganjar diakui sangat menguntungkan kaum emak-emak. Mulai dari program di bidang ekonomi kerakyatan seperti Lapak Ganjar, hingga program inovasi di bidang kesehatan seperti 5NG.

Lapak Ganjar merupakan salah satu upaya Ganjar membantu pemasaran produk UMKM melalui media sosial. Salah satunya lewat tampilan Insta-story di akun milik pribadinya yang memiliki lima juta pengikut. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, pada awal Oktober lalu, sedikitnya sudah 2.882 UMKM di 112 kabupaten/kota yang dipromosikan dalam program Lapak Ganjar.

Sementara program 5NG merupakan kepanjangan dari JateNG GayeNG NginceNG WoNG MeteNG. Program ini bertujuan menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi di Jawa Tengah. Program ini pun terbilang sukses, sebab Jawa Tengah berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 31,2 persen di 2018 menjadi 20,9 persen pada 2021.

"Pak Ganjar adalah pemimpin yang amanah. Banyak pogram-programnya sangat berguna untuk perempuan, khususnya emak-emak. Harapannya untuk Pak Ganjar nanti bisa maju menjadi presiden di 2024, menjadi pemimpin kami," kata Hariza.

Untuk mengkonsolidasikan dukungan Ganjar di Lamongan, mereka menggelar 'Doa Bersama untuk Indonesia Bersama Mak Ganjar Jawa Timur untuk Negeri'. Ganjar diyakini sebagai figur pemimpin yang amanah dan bertanggung jawab.  

"Banyak kebijakan bagus bisa diterapkan kalau Pak Ganjar jadi Presiden. Karena kami relawan emak-emak, tentunya berharap kebijakan yang diperuntukkan bagi emak-emak. Misalnya, nanti semoga Pak Ganjar bisa membantu permodalan yang mudah bagi emak-emak di seluruh Indonesia yang kesulitan memulai usaha," tutur Hariza.

Hariza dan relawan lainnya bertekad akan terus memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo ke desa-desa lainnya di Jawa Timur dengan berbagai kegiatan bermanfaat, mulai dari kegiatan tabligh akbar, berbagi sembako murah, hingga mengadakan seminar-seminar yang mampu menambah ketrampilan kaum ibu.

"Semoga Pak Ganjar panjang umur, tetap menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, yang amanah, dan semoga menjadikan pemimpin kami di 2024," ucapnya. (OL-13)

Baca Juga

dok.humas pemprov jateng

Ganjar - MUI Kolaborasi Wujudkan Generasi Muda Anti Narkoba.

👤Haryanto 🕔Rabu 30 November 2022, 13:40 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, membuka rapat koordinasi nasional gerakan anti narkoba yang diadakan Majelis Ulama Indonesia...
dok.humas

Asah Komunikasi Publik, Pegawai Bapelitbang Sikka Ikuti Pelatihan Jurnalistik

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 30 November 2022, 13:30 WIB
BADAN Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Sikka, NTT menggelar pelatihan jurnalistik bagi seluruh...
dok.ist

GMC Sulsel Sebut Ganjar sebagai Gammara Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 13:20 WIB
KOMUNITAS pemuda yang tergabung dalam jaringan relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Sulsel menggelar Festival Rakyat Milenial yang di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya