Jumat 28 Oktober 2022, 19:45 WIB

Kota Cirebon akan Miliki Kampung Wisata Arab Tahun 2023

Nurul Hidayah | Nusantara
Kota Cirebon akan Miliki Kampung Wisata Arab Tahun 2023

MI/Nurul Hidayah
Salah satu icon wisata Kota Cirebon Alun-alun dan akan tambah satu lagi Kampung Wisata Arab yang akan dibangun pada 2023.

 

PEMBANGUNAN kampung wisata Arab Panjunan, Kota Cirebon ditargetkan dilakukan tiwulan pertama tahun 2023. Dengan anggaran sebesar Rp1,5 miliar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, menjelaskan dana untuk pembangunan kampung wisata arab Panjunan sudah dianggarkan di APBD 2023 sebesar Rp1,5 miliar. "Rincianya, Rp1 miliar untuk pembangunan fisik, berupa gapura dan ornamen yang
mendukung lainnya, yang Rp500 juta digunakan untuk kegiatan non fisik atau untuk event," ujar Agus Sukmanjaya, Jumat (28/10/2022).

Dijelaskan Agus untuk pembangunan fisik berupa gapura dan ornamen pendukung akan dilakukan di triwulan pertama 2023. Selanjutnya untuk grand launching direncanakan pertengahan 2023. Selama masa pembangunan berbagai event juga akan digelar untuk mendukung keberadaan kampung Arab Panjunan tersebut.

Untuk mendukung keberadaan kampung wisata Arab Panjunan, masyarakat setempat juga telah membentuk kelompok sadar wisata. "Kesiapan masyarakat luar biasa. Ini yang membeesarkan hati kita, karena inisiasinya tumbuh dari bawah," tutur Agus.  Mereka bahkan sudah mendirikan cafe secara mandiri, yaitu cafe wika atau wisata kampung Arab Panjunan.

Kampung wisata Arab Panjunan nantinya meliputi 3 klaster yang melibatkan 3 RW di Kelurahan Panjunan. Masing-masing RW 4 yang akan menggelar kegiatan seni, budaya dan kuliner, RW 5 yang akan melakukan wisata religi dan gerabah. "Gerabah kita aktifkan lagi dengan membuka workshop untuk gerabah. Karena cikal bakalnya gerabah Cirebon dari Panjunan," tutur Agus.

Selanjutnya masyarakat di RW 08 merupakan klaster yang menyiapkan oleh-oleh haji dan umroh. Keberadaan wisata kampung Arab Panjunan diyakini akan mendongkrak sektor pariwisata di Kota Cirebon. (OL-13)

 

Baca Juga

DOK.MI

Polda NTB Sita 2,7 Kg Sabu dari Sindikat Jaringan Sumatra

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:52 WIB
Pria tersebut berinisial WS alias Cekok yang berprofesi sebagai sopir truk asal Masbagik Selatan, Kabupaten Lombok...
Dok. Pribadi

Yogyakarta Terus Matangkan Persiapan Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:41 WIB
Yogyakarta bersiap menggelar perhelatan akbar ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan dihelat pada tanggal 2-5 Februari...
Dok. Pribadi

Laurenzus Kadepa: Selamat Datang Calon Presiden Anis Baswedan di Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:27 WIB
Lanjut dia, kehadiran Anies di Jayapura untuk menghadiri perayaan Natal nasional dan Peresmian Kantor DPW NasDem Papua bukan untuk hal-hal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya