Kamis 27 Oktober 2022, 16:16 WIB

ASAR Humanity Bagi Makanan Siap Saji Bagi Korban Banjir dan Longsor di Trenggalek

mediaindonesia.com | Nusantara
ASAR Humanity Bagi Makanan Siap Saji Bagi Korban Banjir dan Longsor di Trenggalek

Ist
Anak-anak dari keluarga korban banjir dan tanah longsor membawa makanan dari ASAR Humanity di Tenggalek, Jawa Timur.

 

HUJAN deras yang mengguyur Indonesia belakangan ini memberikan dampak banjir dan tanah longsor bagi sebagian daerah, tidak terkecuali Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Bencana yang terjadi pada Oktober 2022 ini menambah daftar panjang bencana hidrometeorologi basah yang terjadi di Jawa Timur sesuai pernyataan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dalam data yang dihimpun oleh BNPB, bencana yang terjadi di kabupaten tersebut mengakibatkan sebanyak 7.440 jiwa dan 2.457 unit rumah terendam banjir dengan ketinggian muka air sekitar 30 cm hingga 100 cm.

Mulai dari sekolah, rumah, hingga jembatan penghubung antar desa pun rusak. Tidak hanya itu, sebagian kini mulai kesulitan air bersih, masyarakat lebih mudah terjangkit penyakit, hingga kurangnya bahan pokok untuk makan harian. 

Menanggapi peristiwa tersebut, ASAR Humanity bergerak untuk meringankan beban masyarakat. 

“Pasca banjir dan tanah longsor terjadi, tim kami langsung turun dan memberikan ratusan paket sembako gratis, air minum gratis, serta makanan siap saji. Pembagian sembako ini disambut dengan antusias oleh para warga,” kata Kepala Program ASAR Humanity Lisdayanti pada awak media, Kamis (10/27). 

Baca juga: PNM Berikan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi di Tapanuli, Sumut

Per harinya, kata Lisdayanti, ASAR Humanity bisa menunaikan ratusan porsi makanan siap saji untuk para korban. 

“Tidak hanya itu, alhamdulilah berkat bantuan #Pahlawankebaikan, kami juga menyiapkan dapur umum di Dusun Gares Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek dan memasak untuk makanan sehari-hari yang dibantu oleh beberapa warga lokal,” katanya. 

Asar Humanity juga berkolaborasi dengan Frisian Flag sehingga bisa menunaikan hingga 330 karton susu untuk anak-anak yang berada di Kabupaten Trenggalek dan sekitarnya.

Pihak ASAR Humanity berharap bantuan kecil ini bisa meringankan masyarakat yang tersebar di lima belas RT Kabupaten Trenggalek dan menjadi pondasi sebelum mereka melaksanakan kerja bakti membersihkan area perumahan.

Lisdayanti mengatakan, masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang terkena dampak banjir karena hujan lebat yang terus menerus datang. 

“Untuk para #Pahlawankebaikan yang ingin berpartisipasi dalam program ASAR Humanity khususnya bagi para korban yang terdampak banjir belakangan ini, bisa lihat informasi lengkap untuk donasi di sosial media kami,” tukasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/VOUCKE LONTAAN

Kapolda Sulawesi Utara Irjen Setyo Budiyanto Sidak Sejumlah SPBU di Kota Manado

👤Voucke Lontaan 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 12:35 WIB
Kapolda menerima laporan dari masyarakat terkait adanya antrean di SPBU untuk mendapatkan BBM jenis...
dok.humas pemprov jateng

Festival Adat Budaya Nusantara II di Jateng, Ganjar Sambut Raja-Raja se-Nusantara

👤Haryanto 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 12:00 WIB
SEBANYAK 264 utusan kerajaan, lembaga adat, dan suku seluruh Nusantara menghadiri acara Festival Adat Budaya Nusantara ke-II di Kawasan...
Dok. DPR RI

RS Adi Husada Undaan Wetan Dinilai Layak  Bagi Pelayanan Kesehatan Dewan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:58 WIB
"Kami dari BURT sudah meninjau langsung dan RS Adi Husada kita nyatakan layak untuk memberikan pelayanan kepada Anggota DPR dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya