Selasa 04 Oktober 2022, 15:06 WIB

Hujan Lebat, Tiga Rumah di Musi Banyuasin Tergerus Longsor

Dwi Apriani | Nusantara
Hujan Lebat, Tiga Rumah di Musi Banyuasin Tergerus Longsor

DOK MI.
Ilustrasi.

 

SEBANYAK tiga rumah di Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, tergerus longsor, Selasa (4/10). Bencana itu terjadi akibat hujan deras di wilayah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba, Pathi Riduan, mengatakan hal itu. Tiga rumah warga yang rusak berada di tepian Sungai Musi, kondisinya rusak berat. 

"Kami sudah menerima laporannya. Saat ini anggota sudah berada di lokasi kejadian," ujarnya.

Tiga rumah yang mengalami kerusakan berat yakni milik Nurmah, 87, Iwan, 54, dan Suriah, 62. Ia menjelaskan saat ini, evakuasi baik barang maupun orang telah dilakukan.

"Untuk sementara, para korban mengubgsi ke rumah tetangga atau saudara terdekat. Peristiwa ini sudah kami laporkan kepada pimpinan," jelas dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang berada di tepian Sungai Musi atau sungai-sungai lain untuk lebih waspada. Soalnya, saat ini musim hujan berlangsung dan bencana longsor sering terjadi.

"Kami mengimbau masyarakat untuk lebih waspada bencana longsor, terutama saat hujan deras terjadi. Ini karena sekarang sudah masuk musim penghujan," jelasnya. Itu terutama bagi warga yang berada di bantaran sungai besar yakni Sungai Musi, Sungai Batang Hari, dan Sungai Lalan.

Saat ini, kata Pathi, pancaroba atau peralihan musim masih terjadi. Cuaca sulit diprediksi dan debit air sungai mengalami peningkatan dan penurunan yang sangat cepat. "Daerah aliran sungai rawan terjadi bencana. Jadi kami mengimbau untuk waspada karena bencana dapat datang kapanpun," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

dok.panpel

Rapimwil PPP Jateng Hasilkan Nama Ganjar Capres Teratas

👤Haryanto 🕔Minggu 27 November 2022, 22:30 WIB
DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Jateng menggelar Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil). Hasilnya, nama Ganjar teratas dalam...
dok.Ant

Masyarakat DIY Diminta Waspadai Ancaman Bencana Hidrometeorologi hingga Maret 2023

👤Ardi T Hardi 🕔Minggu 27 November 2022, 22:22 WIB
KEPALA Stasiun Klimatologi DIY Reni Kraningtyas mengingatkan, masyarakat agar tetap waspada terhadap ancaman bencana karena masih tingginya...
dok.ist

Massa GMC Lampung Timur Gemakan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 21:27 WIB
SORAKAN Ganjar Presiden menggema dari ribuan pemuda, milenial dan mahasiswa yang tengah berkumpul di Lapangan Merdeka, di Desa Braja Sakti,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya