Sabtu 01 Oktober 2022, 17:56 WIB

Kantor DPRD Tapanuli Utara Rusak Diguncang Gempa

Kisar Rajagukguk | Nusantara
Kantor DPRD Tapanuli Utara Rusak Diguncang Gempa

dok.pribadi
Anggota Komisi B DPRD Tapanuli Utara Martohap Aritonang

 

GEDUNG Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tapanuli Utara, Sumut, rusak parah akibat gempa bumi yang melanda daerah itu.

Anggota Komisi B DPRD Tapanuli Utara Martohap Aritonang mengatakan, tembok, atap, plafon, maupun lantai bangunan gedung DPRD di Jalan Sisingamangaraja itu hancur menyusul gempa bumi yang terjadi pukul 02.28 WIB.

Selain bangunan DPRD, Martohap menambahkan banyak gedung sekolah, rumah sakit milik pemerintah kabupaten dan penduduk yang kehilangan tempat tinggal.

" Banyak fasilitas milik pemerintah maupun rumah penduduk dan gedung lain yang hancur, termasuk juga aliran listrik padam hingga menyebabkan suasana gelap gulita," ucap Martohap kepada mediaindonesia.com, Sabtu (1/10).

Rentetan gempa bumi di Tapanuli Utara, Martohap mengatakan dirasakan sedang hingga kuat selama 3-5 detik di beberapa wilayah kabupaten mulai dari Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba, Tapanuli Tengah, dan Labuhan Batu Utara.

"Getaran gempa bumi terasa juga hingga ke Desa Sibandang, yang terletak di tengah Danau Toba, " tutur Martohap.

Sementara itu Sekretaris Daerah Tapanuli Utara Indra Simaremare mengatakan masyarakat sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Sesaat setelah terjadi gempa bumi. Di daerah Dolok Sanggul, katanya beberapa rumah terbakar.

Indra belum bisa memberikan keterangan lebih valid, termasuk kerugian yang ditimbulkan gempa bumi karena sedang pendataan. " Untuk kerugian belum bisa saya jelaskan," katanya.

Indra pun meminta agar kepala desa yang ada di Tapanuli Utara mendirikan dapur umum untuk membantu korban. Dia juga meminta agar semua pihak mewaspadai gempa susulan yang terjadi.

"Kita sudah meminta semua kepala desa, muspika kecamatan tetap waspada. Tetap menyiapkan dapur umum," sebut Indra.

Sementara itu Kapolres Tapanuli Utara Ajun Komisaris Besar Johanson Sianturi menyebutkan gempa ini mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan 12 orang terluka.Korban meninggal bernama Leo Sihombing.

Bersama sejumlah instansi terkait, kata Johanson Sianturi, pihaknya masih terus membantu upaya evakuasi sejumlah warga yang terkena dampak gempa. "Kerusakan maupun keseluruhan korban luka dan lainnya masih dalam proses pendataan lebih lanjut," paparnya (OL-13)

Baca Juga

DOK.MI

4 Pelajar Terseret Arus Sungai di Lombok Barat, 1 Orang Hilang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:40 WIB
Seorang siswa bernama Royan, 16, hilang terseret air bah saat berenang di sungai Desa Kuripan, Lombok Barat, bersama dengan tiga orang...
ANTARA/DOK.BNPB

Lumajang Tetapkan 14 Hari Masa Tanggap Darurat Erupsi Semeru

👤M Yakub 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:10 WIB
Pihaknya memerintahkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk melakukan konsolidasi untuk...
MI/Heri

Penerbangan di Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh Normal

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 20:30 WIB
Ia mengatakan hingga pukul 13.30 WIB operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya