Kamis 29 September 2022, 18:34 WIB

Basarnas Manado Tingkatkan Kemampuan Penyelamatan di Gedung Runtuh

mediaindonesia.com | Nusantara
Basarnas Manado Tingkatkan Kemampuan Penyelamatan di Gedung Runtuh

ANTARA/Adwit B Pramono
Sejumlah personel melakukan simulasi latihan penyelamatan di kantor Basarnas Airmadidi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

 

KANTOR Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado meningkatkan kemampuan personel dalam melakukan penyelamatan korban gedung runtuh melalui latihan penyelamatan di reruntuhan gedung.
 
Kepala Basarnas Manado Monce Brury, di Minahasa Utara, Kamis (29/9), mengatakan, latihan ini melibatkan personel Basarnas Manado dan personel yang ada di pos-pos SAR.
 
"Semua orang tidak akan mengharapkan terjadi gempa yang mengakibatkan kerusakan-kerusakan gedung. Sebelum terjadi itu semua personel Basarnas Manado sudah siap baik dari segi peralatannya dan sumber daya manusia," katanya.
 
Latihan tersebut berlangsung selama tiga hari dari 29 September hingga 1 Oktober 2022 yang bertempat di Kantor Basarnas Manado, di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, dan diikuti sebanyak 21 peserta.
 
Latihan ini meliputi 10 materi antara lain, materi misis urban SAR, bahan bangunan, struktur dan kerusakan, pemilihan struktur dan penandaan insarag, keselamatan operasi, TEA (Tool, Equipment and Accesoris), serta teknik mencari dan menemukan korban.


Baca juga: BPBD Klaten akan Menggelar Apel Siaga Hadapi Ancaman Bencana Hidrometeorologi

 
Kemudian mengangkat dan menstabilkan beban, teknik dan strategi penyelamatan, metode shoring, crust and compartement syndrome.

"Diharapkan dengan pelatihan ini, peserta mampu menangkap dan mengaplikasikannya pada saat terjadi gempa yang mengakibatkan gedung
runtuh," katanya.
 
Pemberi materi langsung dari personel Basarnas Manado yang telah mengikuti diklat (CSSR) Colapse Structure Search And Rescue di Balai Diklat Basarnas di Jonggol, Jawa Barat.

Monce Brury mengatakan latihan ini sangatlah penting untuk penyelamatan korban di gedung runtuh.
 
"Memang di Manado tidak signifikan terjadi gempa, akan tetapi Basarnas Manado siap apabila terjadi gempa di daerah lain untuk membantu," katanya. (Ant/OL-16)

Baca Juga

ANTARA/DOK.BNPB

Setelah Status Awas, Gunung Semeru Alami 22 Kali Letusan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 22:27 WIB
Pengamatan visual, Gunung Semeru tertutup Kabut 0-II hingga tertutup Kabut 0-III, kemudian asap kawah tidak teramati dan cuaca berawan...
DOK.MI

4 Pelajar Terseret Arus Sungai di Lombok Barat, 1 Orang Hilang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:40 WIB
Seorang siswa bernama Royan, 16, hilang terseret air bah saat berenang di sungai Desa Kuripan, Lombok Barat, bersama dengan tiga orang...
ANTARA/DOK.BNPB

Lumajang Tetapkan 14 Hari Masa Tanggap Darurat Erupsi Semeru

👤M Yakub 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:10 WIB
Pihaknya memerintahkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk melakukan konsolidasi untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya