Rabu 28 September 2022, 22:50 WIB

Dua Tersangka Dugaan Korupsi Masjid Asrama Haji Babel Ditahan

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Dua Tersangka Dugaan Korupsi Masjid Asrama Haji Babel Ditahan

DOK.MI
Ilustrasi korupsi

 

DUA tersangka dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Masjid Asrama Haji Transit Bangka Belitung (Babel) yang merugikan negara Rp5 miliar kini dititipkan kejaksaan di Rumah Tahanan Mapolres Pangkalpinang.

Dua tersangka dugaan Tipikor tersebut ialah DS, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan dan LP, konsultan perencana.

Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Babel, Ketut Winawa, membenarkan adanya penahanan dua tersangka dalam dugaan korupsi pembangunan Masjid Asrama Haji Transit pada Kementerian Agama Wilayah Bangka Belitung Tahun Anggaran 2020 dengan total kerugian negara sekitar Rp5 miliar.

"Benar, kami sudah melakukan penahanan terhadap tersangka DS dan LSD dalam perkara pembangunan Masjid Asrama Haji. Penahanan ini dilakukan pada pukul 14.15 WIB," ungkap Winawa di Pangkalpinang, Rabu (28/9).

Menurutnya, PPK dan Konsultan Perencana kegiatan Pembangunan Masjid Asrama Haji Transit pada Kementerian Agama ini dititipkan di Rutan Polresta Pangkalpinang.


Baca juga: Satgas Bangka Sebut Kehabisan Stok Vaksin Covid-19


Sementara itu, dihubungi terpisah, Berry Aprido Putra dan Andira dari Kantor Advokat Berry Andira & Partner, selaku penasihat hukum tersangka, akan menghormati proses hukum tersebut dan agar perkara tersebut segera disidangkan.

Diberitakan sebelumnya, Kejati Babel telah menetapkan dua orang tersangka dugaan tipikor kegiatan pembangunan Masjid Asrama Haji Transit pada Kemenag Wilayah Babel Tahun Anggaran 2020, yakni DS dan LP pada momentum peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 di Kejati Babel, Jumat (22/7).

DS selaku PPK pembangunan Masjid Asrama Haji Transit Babel ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Penetapan Tersangka Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung Nomor: Print 713/L.9/Fd.1/07/2022 tanggal 13 Juli 2022.

Sedangkan LP selaku Konsultan Perencana Kegiatan ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Penetapan Tersangka Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung Nomor: Print 713/L.9/Fd.1/07/2022 tanggal 13 Juli 2022. (OL-16)

 

Baca Juga

dok.APP

TN Berbak Sembilang Ikut Program Penguatan Fungsi Konservasi dan Ekosistem

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:45 WIB
DALAM rangka perlindungan pengamanan hutan dan konservasi keanekaragaman hayati, APP Sinar Mas bersama dengan Ditjen KSDAE menandatangani...
MI/Bagus Suryo

TPST Bondalem Mampu Olah Sampah 3 Ton/Hari Jadi Pupuk Kompos

👤Arnoldus Dhae 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:10 WIB
TEMPAT pengolahan sampah terpadu (TPST) Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali mendorong kesadaran masyarakat desa...
MI/Haryanto

Ganjar : RTLH, Permodalan, dan Pelatihan Jadi Proyek Jateng Turunkan Angka Kemiskianan

👤Haryanto 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:10 WIB
PROGRAM bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), permodalan, dan pelatihan yang dijalankan Pemprov Jateng adalah proyek untuk menurunkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya