Kamis 22 September 2022, 21:16 WIB

Dorong Budaya Lokal Lebih Dikenal, Sandiaga Ajak Grup Musik Karinding Tampil di ADWI 2022

Mediaindonesia.com | Nusantara
Dorong Budaya Lokal Lebih Dikenal, Sandiaga Ajak Grup Musik Karinding Tampil di ADWI 2022

Dok. Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno bersama grup musik Karinding di Cianjur, Jawa Barat

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendatangi Desa Wisata Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Pada kesempatan itu, Sandiaga bertemu dengan grup musik Karinding.

Mulanya Sandiaga meminta mereka memainkan alat musik Karinding. Kemudian Sandiaga terkejut melihat alunan musik tradisional yang dimainkan grup tersebut, lalu ia mencoba memainkan bersama dengan grup musik Karinding.

Sandiaga berbincang dengan Ahmad Saepudin (33) salah seorang ketua musik yang menginginkan grup Karinding dikenal ke masyarakat luas. Di tengah perbincangan Sandiaga mengatakan Karinding bisa menjadi daya tarik wisatawan, karena alat musiknya cukup unik.

"Saya melihat musik Karinding ini adalah salah satu daya tarik tambahan yang bisa menghadirkan wisatawan serta dapat melestarikan budaya dan mempromosikan mereka ke Jakarta dalam ADWI (Aneugerah Desa Wisata Indonesia) 2022," kata Sandiaga di Situs Gunung Padang, Cianjur, Kamis (22/9).

Baca juga : Relawan Sandi Bagi Voucher BBM Murah untuk Ojol di Makassar

Lebih lanjut, Sandiaga mengaku musik Karinding dapat membuka lapangan kerja. Selain itu juga memberikan dampak positif terhadap kebangkitan ekonomi masyarakat setempat.

"Musik Karinding ini dapat membuka lapangan kerja dengan banyak grup-grup seperti ini dan akhirnya pendapatan masyarakat lebih meningkatkan serta memiliki dampak positif terhadap tantangan ekonomi saat ini," ucapnya.

Mendengar itu Ahmad menerima tawaran Sandiaga, ia dan grupnya akan mempersiapkan lebih banyak lagu. Ahmad pun menyampaikan siap untuk berkolaborasi dengan para artis nasional pada pementasan ADWI 2022.

"Alhamdulillah sangat senang sekali kami akan mempersiapkan lebih banyak lagu, serta ini pastinya berkolaborasi dengan artis nasional," tutur Ahmad. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Syaiful Arif

Seorang Aremania asal Magetan Meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 20:02 WIB
Korban ialah Munif Latiful Ihsan, 20, Aremania asal Dukuh Mandiro, Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten...
ANTARA/Destyan Sujarwoko

Polisi Korban Insiden Kerusuhan Kanjuruhan Dimakamkan di Tulungagung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:52 WIB
Tembakan salvo mengiringi prosesi persemayaman polisi yang bertugas sebagai Babinkamtibmas di Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan ...
ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Fondasi Jembatan Runtuh, Arus Lalu Lintas Pekalongan-Pemalang Dialihkan

👤Akhmad Safuan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:26 WIB
Sejauh ini belum diketahui penyebab kebutuhan pondasi apakah karena usia jembatan atau gerusan air sungai yang mengalir cukup deras di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya