Kamis 22 September 2022, 08:19 WIB

Komunitas Nelayan Pesisir di Makassar Kepincut Ganjar

mediaindonesia.com | Nusantara
Komunitas Nelayan Pesisir di Makassar Kepincut Ganjar

dok.ist
Komunitas Nelayan Pesisir Makassar deklarasi di kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

 

RIMBUNNYA tumbuhan mangrove dan rintik hujan yang membasahi bibir pantai menemani deklarasi “Ganjar Pranowo Presiden 2024” oleh ratusan nelayan yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir Makassar. Deklarasi dilakukan di kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (21/9/2022).

Ratusan nelayan pesisir di Kota Makassar menyuarakan dukungan terhadap Ganjar Presiden 2024 karena merasakan kepedulian Ganjar melalui berbagai program dan aksi nyata yang selama ini mendorong kesejahteraan nelayan di Jawa Tengah (Jateng).

“Nelayan di pesisir Kota Makassar ini meyakini bahwa Bapak Ganjar adalah pemimpin terbaik untuk Indonesia ke depan. Beliau yang peduli kami. Memang saat ini Pak Ganjar memimpin Jawa Tengah, tapi kepeduliaannya sangat dirasakan oleh kami,” kata Sekretaris Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir  Sulsel, Muhammad Arafah.  

Arafah menjelaskan, beberapa waktu lalu Ganjar bergerak cepat mengatasi kelangkaan solar di kalangan nelayan. Bahkan, kata Arafah, Ganjar langsung berkomunikasi dengan Pertamina dan BPH Migas agar alokasi BBM untuk nelayan ditambah.

Terlebih lagi, lanjut Arafah, Ganjar langsung memperbaiki sistem pendataan surat rekomendasi nelayan, agar data kebutuhan solar bisa dihitung secara akurat. Ini penting supaya distribusi solar ke nelayan lebih tepat sasaran.  

Arafah mengatakan, kepedulian Ganjar juga terlihat ketika mengalokasikan bantuan Rp 60 miliar kepada masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM bersubsidi, termasuk nelayan. Khusus nelayan se-Jateng, Ganjar juga menganggarkan bantuan Rp 4,74 miliar untuk total 14.375 orang nelayan.

“Tentunya hal itu membuat solar jadi tidak langka lagi. Apalagi beliau juga memberikan bantuan saat penyesuaian harga BBM bersubsidi,” katanya.

Menurut Arafah, aksi nyata tersebut menyempurnakan program Kartu Nelayan dan Asuransi Nelayan (Ansel) yang digagas Ganjar. Ganjar telah meng-cover 151.457 nelayan dengan Ansel dan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak 2016-2022.

“Jujur kami sangat ingin merasakan kepedulian-kepedulian itu secara nyata. Makanya kami mendukung Pak Ganjar Presiden 2024,” tuturnya.

Arafah mengatakan, Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel akan terus mensosialisasikan sosok Ganjar kepada nelayan-nelayan di Sulawesi. Arafah berharap, Ganjar akan terus mendorong kesejahteraan nelayan saat memimpin Indonesia sebagai Presiden di tahun 2024 mendatang.

"Mudah-mudahan Pak Ganjar semakin peduli sama nelayan, terlebih nelayan di Sulawesi Selatan ini. Pak Ganjar sudah mendorong kesejahteraan nelayan di Jateng, nah nanti saatnya Pak Ganjar melakukan hal yang sama untuk nelayan di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Selain deklarasi, Komunitas Nelayan Pesisir di Makassar juga menggelar pelatihan bertajuk “Pelatihan Safety dalam Melaut” untuk nelayan pesisir. Kegiatan ini bertujuan meminimalisir kecelakaan kerja saat melaut. (OL-13)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Digital Hub Gandeng Lima Universitas di Pulau Sumatra  

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:57 WIB
Kali ini, perusahaan kembali menggelar acara tersebut dengan nama baru yakni DNA Goes to Campus yang hadir untuk memberikan edukasi seputar...
DOK.MI

Tim SAR Temukan WNA asal Jerman Terseret Ombak di Pantai Seminyak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:35 WIB
Awalnya korban bersama empat temannya Suen Julian, Hana Saves, Eiwert Laura Marie, dan Lappe Theresa yang juga sama-sama dari Jerman...
ANTARA/Aswaddy Hamid

Imigrasi Pekanbaru Amankan 75 WN Bangladesh

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:27 WIB
Pengamanan WN Bangladesh tersebut diduga akibat penyalahgunaan izin tinggal, kata Kakanwil Kemenkumham...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya