Selasa 20 September 2022, 17:20 WIB

Ganjar Minta Pengelola Tol Siapkan Drone dan Alat Pemadam Saat Patroli

Andre Aprianto (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) | Nusantara
Ganjar Minta Pengelola Tol Siapkan Drone dan Alat Pemadam Saat Patroli

MGN/Andre Aprianto
Ganjar Minta Pengelola Tol Siapkan Drone dan Alat Pemadam Saat Patroli

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh kepala daerah yang wilayah di lalui jalur tol untuk mengawasi dan mengedukasi kepada masyarakat setempat terhadap bahaya membakar material di sekitar jalur bebas hambatan.

"Pengamanan yang dibutuhkan adalah edukasi kepada petani atau masyarakat sekitar, karena kemarin saya cek ternyata mereka ini tidak izin dan tidak tahu kalau itu berbahaya," beber Ganjar usai mengikuti seminar di Semarang, Selasa (20/9/2022).

Pascakejadian kecelakaan karambol pada Minggu (18/9/2022) kemarin, Ganjar juga meminta pihak pengelola jalan tol untuk lebih gencar berpatroli dengan menggunakan drone dan alat bantu pemadam api.

"Setelah kejadian kemarin, saya dorong agar pihak pengelola tol mengadakan patroli, kalau perlu pakai drone, agar memudahkan mendeteksi titik-titik api, supaya bisa langsung dipadamkan," ujar Ganjar.

"Saya juga minta agar tim patroli itu disiapkan peralatan pemadam kebakaran yang sederhana, karena kemarin saya melihat mereka hanya menutup-nutupi api, dan itu kurang efektif," imbuhnya.

Di sisi lain, Gubernur Jateng ini juga meminta para kepala daerah untuk mengedukasi para warga setempat untuk membersihkan ladangnya dengan cara selain membakar. 

"Saya minta wali kota dan bupati untuk mengedukasi warganya untuk memanfaatkan dan mengolah jerami yang ada," tandasnya.

Sebelumnya, Ganjar memergoki warga sedang membakar jerami yang menyebabkan kepulan asap hingga ke ruas jalan Tol Ungaran menuju Semarang, Senin (19/9/2022) kemarin.

Ganjar langsung memanggil salah satu warga yang diduga melakukan pembakaran jerami secara sembarangan. Ia menjelaskan hal itu berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan seperti yang terjadi di Tol Pejagan-Pemalang. (Ren/A-3)

Baca Juga

ANTARA/R D Putra

125 Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan sudah Diambil Keluarga

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:23 WIB
Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Menurutnya, tidak ada lagi jenazah yang belum...
DOK.MI

Polisi Gagalkan Pajero Bawa Paket 20 Kg Sabu dari Medan ke Palembang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:05 WIB
Di areal tersebut polisi menghentikan sebuah mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi B 1786 PJG. Mobil tersebut ditumpangi dua pria...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Sopir Bus Gagalkan Pengiriman 4,5 Kg Ganja ke Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:54 WIB
Dua pelaku yang mengirim paket tersebut, kata dia, saat ini masih dalam pencarian. Namun, identitas keduanya sudah dikantongi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya