Kamis 15 September 2022, 21:23 WIB

Pemkot Malang Gelar Operasi Pasar Untuk Kendalikan Inflasi

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkot Malang Gelar Operasi Pasar Untuk Kendalikan Inflasi

ANTARA
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur, operasi pasar (OP) bahan pokok dampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM). OP juga untuk mengendalikan inflasi.

Komoditas yang dijual dalam operasi pasar kali ini antara lain beras, minyak goreng, gula, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, daging ayam dan daging sapi. "Mudah-mudahan ini bisa membantu saudara kita yang kondisinya sedang kena dampak kenaikan BBM," tegas Wali Kota Malang Sutiaji, Kamis (15/9).

Operasi pasar ini akan berlangsung seminggu dua kali. Lokasi OP  berkeliling di lima kecamatan.

Sutiaji menyatakan begitu harga BBM naik, seluruh komponennya ikut naik. Karena itu, Pemkot Malang bekerja sama dengan pemangku kepentingan dalam menggelar OP. Pihak yang terlibat di antaranya Bulog, Perumda Tunas, RNI, dan Bank Indonesia.

"Ada subsidi dari BI sehingga harga bisa tetap terjangkau. Harapannya daya beli masyarakat tetap," katanya.

Menurut Sutiaji, OP merupakan bentuk mitigasi dengan pendekatan konvensional. Sebetulnya, cara itu sudah tidak begitu efektif. Itu sebabnya Pemkot Malang menyampaikan ke pemerintah pusat sebaiknya melakukan kontrol harga.

Hal itu guna mempersempit ruang pelaku usaha dalam memainkan harga. Selain itu, Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebaiknya untuk subsidi pasar. Selanjutnya, peran Bulog diperkuat dalam mengelola 9 bahan pokok. Dengan komoditas yang terkendali dan harga ditentukan oleh negara, imbasnya harga di pasar masih terjangkau.

"Saat mengambil di petani, di produsen tetap harga normal. Sehingga kesejahteraan produsen, dalam hal ini adalah petani tetap tinggi," ucapnya. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Kornelis Kaha

Pencegahan Stunting Masuk dalam Agenda Khotbah Jumat di 1.005 Masjid di NTB

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 26 September 2022, 09:30 WIB
Langkah itu merupakan gerakan dari berbagai pihak dengan harapan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah stunting secara...
Dok. DPR RFI

Cegah Penambangan Ilegal, Legislator Dorong Wilayah Tambang Rakyat di Babel

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 08:35 WIB
"Kami terus memperjuangkan legalitas tambang masyarakat ini, baik itu dari teknis menambang sesuai dengan K3 dan legalitas untuk...
Dok.Ist

Toba Pulp Lestari Dukung Sport Tourism Danau Toba

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 08:27 WIB
Pengembangan destinasi wisata memerlukan pilar 3A + 3K, yakni Akses, Amenitas, Atraksi, serta Komitmen, Kreativitas, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya