Selasa 13 September 2022, 14:13 WIB

Bencana Hidrometeorologi Landa Banyumas dan Cilacap

Lilik Darmawan | Nusantara
Bencana Hidrometeorologi Landa Banyumas dan Cilacap

Medcom
Ilustrasi

 

HUJAN deras yang mengguyur wilayah Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mengakibatkan bencana hidrometeorologi. Di Banyumas, longsor terjadi di sejumlah titik sedangkan banjir sempat merendam halaman Puskesmas Kroya 1 di Cilacap.

Di Banyumas, longsor melanda sejumlah lokasi seperti Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara. Di lokasi setempat, dua rumah mengalami longsor. "Longsor terjadi dinihari tadi,�kata Joni, 66, warga yang rumahnya mengalami kerusakan, Selasa (13/9).

Selain di Sumampir, Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Budi Nugroho menyebutkan telah terjadi bencana longsor di beberapa tempat. "Di antaranya Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng , Kelurahan Pabuaran Kecamatan Purwokerto Utara, dan Desa Kemawi Kecamatan Somagede. Sedangkan angin kencang terjadi di Kutaliman, Kecamatan Kedungbanteng dan Karanggude, Kecamatan Karanglewas," jelas Budi.

Di Cilacap, Kepala Unit Pelaksana Teknis BPBD Cilacap wilayah Kroya Sugiarto mengatakan bahwa telah terjadi banjir di wilayah Kroya. "Banjir kini sudah surut," ujar dia.

Di sisi lain pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan BMKG Semarang, pada dasarian ketiga atau 10 hari terakhir September, curah hujan berpeluang terjadi 51-150 mm di sejumlah kabupaten di Jateng selatan seperti Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Wonosobo serta beberapa daerah lain di Jateng.

"Secara umum sebagian besar wilayah Jateng masuk dalam kriteria rendah yakni 11-50 mm/dasarian hingga menengah 51-150 mm/dasarian. Kecuali sebagian kecil wilayah Banyumas dan Tegal masuk dalam kriteria tinggi  berkisar 151-300 mm/dasarain," jelas Rendi. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...
DOK.MI

Dua Tersangka Dugaan Korupsi Masjid Asrama Haji Babel Ditahan

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 28 September 2022, 22:50 WIB
Dua tersangka dugaan Tipikor tersebut ialah DS, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan dan LP, konsultan...
Ist

Ketua Komnas HAM Temui Lukas Enembe

👤Marcel Kelen 🕔Rabu 28 September 2022, 22:34 WIB
KETUA Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik bertemu dengan Gubenur Papua Lukas Enembe yang kini menjadi tersangka gratifikasi oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya