Minggu 11 September 2022, 09:45 WIB

Peningkatan Kualitas Jalan dan Jembatan Menuju IKN Dipercepat

Denny Susanto Ainan | Nusantara
Peningkatan Kualitas Jalan dan Jembatan Menuju IKN Dipercepat

MI/Denny S
Kondisi jalan trans kalimantan di Kabupaten Balangan yang mengalami longsor.

 

BALAI Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XI Wilayah Kalimantan Selatan terus mempercepat peningkatan kualitas ruas jalan dan jembatan Trans Kalimantan guna mendukung pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur. Puluhan kilometer ruas jalan dan sejumlah jembatan di Kalsel dalam kondisi rusak.

Pantauan Media dalam beberapa waktu terakhir ada banyak ruas jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan di sepanjang Trans Kalimantan baik jalur selatan, Banjarmasin menuju Kotabaru maupun jalur utara Banjarmasin menuju Kabupaten Tabalong hingga perbatasan Kalimantan Timur. Kerusakan juga terjadi pada ruas jalur alternatif Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah menuju Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanah Bumbu, Subhansyah mengakui kondisi kerusakan sejumlah ruas jalan trans Kalimantan di wilayahnya. "Kerusakan jalan tersebut sedang diperbaiki pihak balai (BPJN) mulai dari Asam-asam hingga ke Serongga. Kita berharap perbaikan ruas jalan trans kalimantan ini cepat selesai," ujarnya.

Kerusakan jalan tidak hanya disebabkan maraknya angkutan barang yang melebihi kapasitas beban jalan dan bencana banjir, tetapi juga penyebab lain seperti aktivitas tambang berdekatan dengan jalan. Seperti terjadi di Kecamatan Satui, Tanah Bumbu. Diduga aktivitas tambang yang
berada di pinggir jalan menyebabkan ruas jalan ambles hampir satu meter.

Di Kabupaten Balangan, ruas jalan trans Kalimantan di sekitar perkantoran Pemkab mengalami longsor cukup parah hingga lebih separuh badan jalan. Peristiwa longsor yang terjadi lebih dari setahun ini hingga kini belum selesai diperbaiki.

Data yang diperoleh Media dari BPJN XI wilayah Kalsel, Minggu (10/9), menyebut ada sejumlah proyek prioritas terkait IKN yang tengah ditangani. Paket-paket pekerjaan utama jalan dan jembatan yang mendukung IKN antara lain preservasi jalan dan jembatan di ruas Banjarmasin - Batulicin - Kerang (Lintas Selatan Kalimantan) sepanjang ± 434 km.

Ruas jalan Banjarmasin - Martapura - Tanjung - Batu Babi (Lintas Penghubung Kalimantan) sepanjang ± 283 km. Paket penggantian jembatan kritis secara bertahap di ruas jalan lintas selatan maupun lintas penghubung antara lain jembatan Sei Bikat dan Sei Anu, Hulu Sungai Tengah.

Jembatan Sei Jangkung, Tabalong, jembatan Sei Atanik, Tapin, jembatan Sei Bati-bati, Sei Ujung Galam dan Sei Sampa Ireng di Tanah Laut. Kemudian jembatan Sei Buntat II, Sei Manggis TNB, Sei Sepunggur, Sei Rantau Panjang, Tanah Bumbu dan jembatan Sei Hanau I, Kotabaru. Adapula rencana
duplikasi jembatan Sei Paringin untuk meningkatkan konektivitas lalu-lintas logistik di lintas penghubung menuju IKN.

BPJN XI wilayah Kalsel juga mencatat kondisi jalan nasional hingga semester 1 tahun 2022 adalah rusak ringan 3,37 % (40,74 km) dan rusak berat 1,02 % (12,30 km). Kondisi jalan 95,61% mantap, dengan kondisi baik 42,87 % (517,71 km), sedang 52,74 % (636,88 km). (OL-13)

Baca Juga:Rumah Kebanjiran, Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur: Terparah

Baca Juga

dok.ist

Komunitas Nelayan Pesisir di Takalar Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:52 WIB
KOMUNITAS Nelayan Pesisir Kabupaten Takalar mengkonsolidasi dukungan Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Desa Lakatong, Mangarabombang,...
dok.ist

Tokoh Adat Papua Kutuk Pelaku Korupsi yang Lecehkan Hak Rakyat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:44 WIB
DUKUNGAN kepada KPK untuk memberantas korupsi di wilayah Papua terus berdatangan. Kali ini disuarakan oleh tokoh adat Sentani, Boas Assa...
MI/DENNY SUSANTO

Kopi Lokal Kalsel, di Antara Antusias Petani dan Kendala Birokrasi

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:10 WIB
Komoditas kopi ini sedang naik daun dan generasi muda cukup antusias mempelajari bisnis kopi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya