Jumat 09 September 2022, 20:09 WIB

Kunjungan Wisman Ke Sumut Mulai Moncer

Yoseph Pencawan | Nusantara
Kunjungan Wisman Ke Sumut Mulai Moncer

DOK MI
Danau Toba, Sumatera Utara.

 

INGKAT kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  ke Sumatera Utara terus menunjukkan peningkatan meski belum menyamai jumlah kedatangan sebelum pandemi berlangsung. Pada Juni 2022, kedatangan wisman ke Sumut tercatat sebanyak 5.165 kunjungan. Angka itu bertambah 2.353 pada Juli 2022 menjadi 7.518 kunjungan.

"Ini satu hal yang baik untuk kita. Meningkatnya wisman yang datang menunjukkan bahwa mereka percaya negara kita sudah aman dari penyebaran Covid-19, termasuk di Sumut," kata Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Jumat (9/9).

Jika dirata-ratakan, kedatangan wisman ke Sumut dalam tiga bulan terakhir meningkat sebanyak 1.828 kunjungan per bulan. Musa berharap angka tersebut dapat terus meningkat untuk ikut mendorong ekonomi daerahnya yang sempat terpukul akibat pandemi.

Kendati memang angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) itu masih jauh lebih sedikit dari kondisi sebelum pandemi berlangsung. Tiga tahun terakhir sebelum pandemi, angka rata-rata kedatangan turis ke Sumut mencapai 21.182 kunjungan per bulan.

Musa memastikan Pemprov Sumut akan melakukan berbagai upaya agar tingkat kunjungan wisman terus naik bahkan bisa melampaui capaian sebelum pandemi. Sejumlah kebijakan yang akan ditekankan adalah menggencarkan program promosi wisata dan pagelaran event berskala nasional dan internasional.

Sepanjang tahun ini Pemprov Sumut sudah menggelar beberapa event besar seperti Jungle Trail Run di Bukit Lawang, Langkat, dan Kejurnas Rally di Parapat, Simalungun. Pada akhir September nanti akan diadakan juga perhelatan Asia Pacific Rally Championship 2022 (APRC).

Selain promosi dan event, Sumut juga akan menggenjot peningkatan pelayanan di setiap objek wisata. Edukasi kepada masyarakat agar siap melayani turis yang datang menjadi bagian dari kebijakan ini.

Penambahan objek-objek wisata baru pun menjadi kebijakan penting. Tidak hanya Danau Toba, Nias, Tangkahan dan Bukit Lawang, Sumut akan
mengembangkan objek wisata lain yang tak kalah menarik dari yang sudah ada. "Perbaikan infrastruktur juga akan kita perhatikan," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga.

Pengusaha di Sikka Resah Ada Oknum Jual Nama Kapolda

👤Gabriella Langga 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 15:09 WIB
Dalam komunikasi tersebut, ia diminta segera mengirimkan kontribusi berupa uang di nomor rekening...
MI/Januari Hutabarat.

Ratusan Guru Honorer Bengkulu Lolos Seleksi belum Diusulkan Pengangkatan

👤Marliansyah 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:23 WIB
Sebanyak 524 guru honorer SMA/SMK sederajat di Provinsi Bengkulu telah lulus pasing grade dalam...
DOK MI.

Usai Gempa, Kebakaran Lalap 18 Ruko Pasar Tradisional Sarulla

👤Januari Hutabarat 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:09 WIB
Bencana pun kembali mengguncang daerah itu dengan kebakaran yang melalap sebanyak 18 rumah toko (ruko) di pasar tradisional Sarulla,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya