Kamis 01 September 2022, 15:53 WIB

Dikenalkan Jokowi, Erick Thohir Disambut Hangat Masyarakat Papua

Mediaindonesia.com | Nusantara
Dikenalkan Jokowi, Erick Thohir Disambut Hangat Masyarakat Papua

Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir

 

MENTERI BUMN Erick Thohir mendapat sambutan sangat meriah dari masyarakat Papua. Sambutan tersebut didapat ketika Erick mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Papua.

Awalnya pada kegiatan pembagian Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para UMK di Papua, Presiden Jokowi memperkenalkan para menteri yang ikut mendampingi satu persatu. Namun ketika nama Erick Thohir disebut oleh Jokowi, tepuk tangan dan teriakan bergemuruh dari masyarakat langsung memenuhi seisi ruangan.

Melihat antusias dari masyarakat, Jokowi pun bertanya apakah masyarakat Papua sudah sangat mengenal Erick Thohir. Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa warga Papua begitu senang dengan kehadiran Eks Presiden Inter Milan tersebut.

“Sorak-sorak sudah pada kenal dengan Pak Erick Thohir. Senang sama Pak Erick? Beridiri Pak Erick,” ujar Jokowi yang kemudian disambut dengan tepuk tangan yang sangat antusias dari masyarakat.

Erick Thohir sendiri mengaku senang dengan antusias yang ditunjukkan masyarakat Papua. Anggota Kehormatan Banser itu mengatakan, Papua menjadi provinsi pertama di luar Pulau Jawa yang menggelar pembagian NIB untuk para pelaku usaha.

“Senang sekali melihat antusiasme para pedagang Pasar Kota Jayapura menerima nomor induk berusaha atau NIB dari Presiden Jokowi. Papua menjadi provinsi pertama di luar Pulau Jawa yang menggelar pemberian NIB bagi para pelaku UMKM,” ujar Erick Thohir.

Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu mengatakan, melalui NIB, para pelaku UMKM bisa mempunyai akses yang lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman KUR. Erick Thohir mengatakan pinjaman tersebut disediakan langsung oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) agar UMKM masyarakat dapat maju dan berkembang.

“Kami di BUMN menargetkan realisasi pembiayaan untuk UMKM tahun ini mencapai Rp386 triliun. Ini bentuk dukungan kami agar UMKM bisa naik kelas,” pungkasnya.

Selama kunkernya, Presiden Jokowi selain menyerahkan NIB juga meresmikan Papua Foodball Academi (PFA) di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, dan menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) serta meresmikan rumah bagi korban banjir bandang di Doyo.

Seusai melakukan kunkernya di Kabupaten Jayapura, Presiden dan rombongan langsung ke Timika, ibukota Kabupaten Mimika. (Ant/OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Kornelis Kaha

Pencegahan Stunting Masuk dalam Agenda Khotbah Jumat di 1.005 Masjid di NTB

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 26 September 2022, 09:30 WIB
Langkah itu merupakan gerakan dari berbagai pihak dengan harapan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah stunting secara...
Dok. DPR RFI

Cegah Penambangan Ilegal, Legislator Dorong Wilayah Tambang Rakyat di Babel

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 08:35 WIB
"Kami terus memperjuangkan legalitas tambang masyarakat ini, baik itu dari teknis menambang sesuai dengan K3 dan legalitas untuk...
Dok.Ist

Toba Pulp Lestari Dukung Sport Tourism Danau Toba

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 08:27 WIB
Pengembangan destinasi wisata memerlukan pilar 3A + 3K, yakni Akses, Amenitas, Atraksi, serta Komitmen, Kreativitas, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya