Senin 29 Agustus 2022, 11:35 WIB

Cegah Abrasi DPD NasDem Tanam 1.000 Bibit Manggrove di Pantura Brebes

Supardji Rasban | Nusantara
Cegah Abrasi DPD NasDem Tanam 1.000 Bibit Manggrove di Pantura Brebes

MI/Supardji Rasban
Kader dan simpatisan DPD Partai Nasdem Brebes tanam bibit pohon mangrove di areal pertambakaan Dukuh Sigempol, Desa Randusanga Kulon, Kecama

 

MENCEGAH Abrasi yang terjadi di wilayah pesisir pantai utara (Pantura) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang mengakibatkan ribuan hektar (Ha) areal pertambakan warga lenyap diterjang banjir rob, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Parati Nasdem setempat, menanam 1.000 bibit pohon mangrove.

Salah satu kerusakan terparah akibat abrasi di wilayah pesisir Kabupaten Brebes, tepatnya berada di Desa Randusanga Kulon dan Desa Randusanga Wetan Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Ketua DPD Partai Nasdem Brebes, Tarwanto didampingi Sekretaris DPD Nasdem Brebes, Slamet Abdul Dhofir, menuturkan, penanaman seribu bibit pohon mangrove dilakukan sebagai kepedulian terhadap kondisi wilayah pesisir Pantura Brebes.

"Kita peduli, karena lingkungan wilayah opesisir Pantura yang lebih baik bukan hanya untuk generasi sekarang, yang lebih penting untuk generasi mendatang. Untuk itu kita harus peduli terhadap alam dengan cara merawatnya," ujar Tarwanto, melalui keterangan resmi, Senin (29/8/2022).

Kondisi pesisir Pantura yang terus tergerus, menyebabkan ribuan Ha lahan tambak hilang dan jalanan wilayah pantai di pedesaan ikut terendam banjir rob.

"Kita sangat prihatin atas kondisi pesisir pantura yang terus terkikis, dimana abrasi menerjang mulai dari ujung barat hingga ujung timur wilayah Kabupaten Brebes.

Tarwanto menyebut, untuk mengawali, pihaknya menanam seribu pohon bibit mangrove, dan ke depan akan terus berlanjut agar wilayah pesisir Pantura bisa diselamatkan," terang Tarwanto.

Sementara kader Partai Nasdem yang sekaligus petani tambak, Subarkah, 53, mengaku jika abrasi di wilayah pesisir utara Kabupaten Brebes sudah sangat parah khususnya di wilayah Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan Kecamatan Brebes.

"Karena rob tidak hanya merendamkan lahan tambak, namun juga banjir rob merendamkan perkampungan padat penduduk. Sebagai kader Nasdem saya mewakili khusunya petani tambak mendukung program peduli untuk lingkungan yang dilakukan pihak DPD Partai Nasdem Brebes," jelas Subarkah.

Subarkah bercerita, abrasi sudah berlangsung lama sejak belasan tahun lalu, namun abrasi pada tahun ini justru paling parah ketimbang abrasi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Yang menjadi kendala pada saat terjadi air pasang laut, pohon yang baru ditanam oleh pihak lainnya ikut diterjang banjir rob yang menerjang. Petani tambak di Desa Randusanga saja akibat rob merugi hingga miliaran rupiah, akibatnya budi daya udang vaname yang ditanam hilang terbawa banjir rob," pungkas Subarkah. (OL-13)

Baca Juga: Rayakan HUT Kemerdekaan ke 77 RI, Nasdem Bali Tanam 3 Ribu ...

 

 

Baca Juga

dok.pribadi

Pemuka Agama Papua: Pejabat Publik Punya Tanggung Jawab Kepada Tuhan

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 20:36 WIB
PENDETA Alberth Yoku, Tokoh Agama di Sinode GKI Sentani Papua, angkat bicara terkait mangkirnya panggilan KPK terhadap Gubernur Papua,...
DOK MI.

Nilai Kerugian akibat Banjir di Mukomuko Terhitung Rp150 Miliar

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 20:20 WIB
Itu meliputi aset provinsi, kabupaten, dan desa, termasuk...
dok.pribadi

Tokoh Pemuda Papua Dukung KPK Tuntaskan Dugaan Korupsi Gubernur Lukas Enembe

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 20:20 WIB
TOKOH Pemuda Papua, Martinus Kasuay, sepakat agar proses hukum kasus dugaan korupsi Gubernur Papua terus dijalankan proses penegakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya